Skripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA WARUNG KOPI (Studi Kasus pada Warung Kopi di Kota Lhokseumawe)
XMLABSTRAK
Berwirausaha merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan
manusia, dimana usaha adalah suatu kegiatan yang dapat menghasilkan hal yang
baru. Berbicara tentang kopi Aceh merupakan salah satu daerah penghasil kopi
terbaik di dunia saat ini maka tidak heran jika di Aceh banyak terdapat warung
kopi, sehingga warung kopi menjadi salah satu bisnis unggulan yang saat ini
disukai oleh para pengusaha millenial karena mereka bisa berinovasi dalam
menciptakan kopi terbaik, dan bisnis warung kopi merupakan salah satu jenis
usaha laris manis dibandingkan usaha lain. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh minat, sikap dan norma subjektif secara parsial dan
simultan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha dengan metode
kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,
melibatkan 50 wirausahawan sebagai responden. Pengolahan data dengan
pengujian regresi linier berganda berdasarkan alat bantu IMB Statistics 22. Hasil
analisa data menunjukkan bahwa Minat (X1) berpengaruh signifikan terhadap
pengambilan keputusan berwirausaha dengan nilai signifikan 0,025 < 0,05, Sikap
(X2) berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha dari
hasil nilai signifikan 0,012 < 0,05, dan Norma subjektif (X3) tidak berpengaruh
signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha dengan perolehan nilai
signifikan 0,390 > 0,05, pada pengujian Minat, Sikap dan Norma Subjektif
mampu mempengaruhi pengambilan keputusan secara simultan dimana nilai
signifikansinya sebesar 0,010 < 0,05.
ABSTRACT
Entrepreneurship is something that can not be separated from human life, where
business is an activity that can produce new things. Talking about Aceh coffee is
one of the best coffee producing regions in the world today so it is not surprising
that there are many coffee shops in Aceh, so that the coffee shop is one of the
leading businesses that is currently preferred by millennial entrepreneurs because
they can innovate in creating the best coffee , and coffee shop business is one type
of business selling well compared to other businesses. This study aims to
determine the influence of interests, attitudes and subjective norms partially and
simultaneously on entrepreneurial decision making with quantitative methods.
Sampling using a purposive sampling technique, involving 50 entrepreneurs as
respondents. Data processing with multiple linear regression testing based on IMB
Statistics 22 tools. The results of data analysis show that Interest (X1) has a
significant effect on entrepreneurial decision making with a significant value of
0.025 <0.05, Attitude (X2) has a significant effect on entrepreneurial decision
making from the results significant value 0.012 <0.05, and subjective norms (X3)
have no significant effect on entrepreneurial decision making with the acquisition
of a significant value of 0.390> 0.05, on testing Interests, Attitudes and Subjective
Norms are able to influence decision making simultaneously where the
significance value of 0.010 <0.05.
Detail Information
Penulis |
Riyanna Dara - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 161209175 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X6.3 Riy f
|