Skripsi
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BISNIS SIRUP CAP MAWAR
XMLABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Sirup Cap Mawar Matang
Glumpang Dua”, strategi adalah rencana yang hendak diikuti oleh manajer
perusahaan atau penetapan sasaran organisasi dengan meningkatkan kekuatan
eksternal dan internal. Rencana tindakan ini didasarkan atas analisa situasi dan
tujuan-tujuan perusahaan dan merupakan cara untuk pencapaian tujuan tersebut,
sedangkan pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep
pemberian harga, promosi, dan pendistribusian produk, pelayanan dan ide yang
ditujukan untuk menciptakan kepuasan diantara perusahaan dan para
pelanggannya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitan ini
adalah: 1). Bagaimana Analisis Strategi Pemasaran Yang Dilakukan Oleh Bisnis
Sirup Cap Mawar?, 2). Apa Saja Kendala-kendala Dalam Strategi Pemasaran
Bisnis Sirup Cap Mawar?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah
1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran pada bisnis sirup
cap mawar Matang Glumpang Dua. 2). Untuk mengetahui kendala-kendala apa
saja yang terdapat dalam strategi pemasaran sirup. Adapun metode yang peneliti
gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, sedangkan pengolahan
datanya dan analisis datanya di mulai dengan mereduksi data-data yang
ditemukan dilapangan, menyajikan data tersebut serta menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Pabrik sirup cap
Mawar Matang Glumpang Dua sudah mulai mengoperasikan sebagian dari pada
ilmu-ilmu mengenai strategi pemasaran sebagaimana yang terdapat dalam ilmu
Strategi Pemasaran. Adapun unsur strategi pemasaran yang digunakan dalam
produk ini meliputi Produk, Harga, Promosi, dan juga Distribusi. 2). Dalam
menjalankan usaha banyak kendala- kendala yang terjadi yang harus dihadapi
dengan tujuan usaha tersebut akan lebih berkembang dimasa yang akan datang.
Adapun yang menjadi kendala dalam strategi pemasaran sirup ini bisa dilihat dari
segi: produk yang rentan rusak, masih menggunakan kemasan milik perusahaan
lain, promosi yang kurang maksimal, tidak mampu memproduksi barang dalam
jumlah yang banyak, kekurangan bahan baku, dan distribusi penyampaian barang
yang belum maksimal.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Sirup Cap Mawar.
9
ABSTRACT
This thesis entitled " An Analysis of Business Marketing Strategy Mawar stamp
Syrup of Matang Glumpang Dua", a strategy is a plan followed by company
manager or organizational goals by increasing external and internal strength. This
action plan is based on the analysis and objectives of the company and is an
appropriate way of achieving these goals, meanwhile marketing is the process of
planning and implementing the concept of offering prices, promotions, and
distributing products, services and ideas that incorporate to create satisfaction
between the company and its customers. The problem of this research are:
1). How to analyze the marketing strategy carried out by the Mawar Stamp Syrup
Business?
2). What are the obstacles in the Mawar Stamp Syrup Business Marketing
Strategy?. The objectives of this research are 1). To find out how implementation
of marketing strategy Mawar stamp syrup business in Matang Glumpang Dua. 2).
To find out what obstacles are contained in the syrup marketing strategy. in this
research the researcher used qualitative method, while the data processing and
data analysis begins by reducing the data found in the field, presenting the data
and drawing conclusions. Based on the research results it can be concluded that:
1). The Mawar stamp syrup of Matang Glumpang Dua factory has started to
operate a part of the science of marketing strategy as contained in the science of
Marketing Strategy. The elements of the marketing strategy used in this product
include Product, Price, Promotion, and Distribution. 2). In running a business
there are many obstacles that must be faced with the aim that the business being
more developed in the future. As for of the obstacles of this syrup marketing
strategy can be seen in terms of: products that are prone of damage, still use
packaging belonging to other companies, less the optimal promotions, unable to
produce in large quantities, lack of raw materials, and the distribution of delivery
has not been maximal.
Keywords: Strategy, Marketing, Mawar stamp
Detail Information
Penulis |
SARAH NURUL - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 161209195 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X6.3 Sar a
|