PROSES PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DAYAH MODERN IHYAAUSSUNNAH KOTA LHOSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PROSES PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DAYAH MODERN IHYAAUSSUNNAH KOTA LHOSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Al-Qur'an adalah sumber utama ajaran Islam dan merupakan pedoman hidup bagi
setiap muslim, Dayah Modern Ihyaaussunnah, salah satu yayasan pendidikan
yang mengadakan program tahfidzul Qur’an bagi para santri, dalam proses
pembelajaran tahfidzul Qur’an pesantren Ihyaaussunnah menggunakan metodemetode
tersendiri, adapun para santri-santrinya terdiri dari tingkat MTS dan MA.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses
pembelajaran tahfidzul Qur'an di Dayah Modern Ihyaaussunnah kota
Lhokseumawe 2. Apa saja metode dalam proses pembelajaran tahfidzul Qur'an di
Dayah Modern Ihyaaussunnah kota Lhokseumawe dan 3. Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam proses tahfidzul Qur'an di Dayah Modern
Ihyaaussunnah kota Lhokseumawe. Dan tujuan penelitian adalah 1. Untuk
mendeskripsikan proses pembelajaran tahfidzul Qur'an di Dayah Modern
Ihyaaussunnah kota Lhokseumawe 2. Untuk mengetahui apa saja metode dalam
proses pembelajaran tahfidzul Qur'an di Dayah Modern Ihyaaussunnah kota
Lhokseumawe 3. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam proses tahfidzul Qur'an di Dayah Modern Ihyaaussunnah kota
Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field
research). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian melalui observasi
partisipan, wawancara mendalam, dan melakukan dokumentas. Adapun hasil
penelitian yaitu 1. Proses pembelajaran tahfidzul Qur’an pada Dayah Modern
Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe, dilalui dalam tahapan yaitu: a. Tahapan awal
yaitu proses perekrutan santri, dengan melengkapi dan menyiapkan segala jenis
persyaratan yang dibutuhkan, menjalani ujian seleksi, dan melaksanakan
peraturan, dan kewajiban sebagai santri. b. Proses dalam materi pembelajaran
dilakukan dengan memberikan target hafalam sesuai tingkatan kelas para santri. c.
Pelaksanaan pembelajaran dengan meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan
kegiatan penutup. d. Dan tahap akhir yaitu proses evaluasi dengan tujuan dapat
mengetahui seberapa besar tingkat prestasi keberhasilan siswa dalam menguasai
materi pelajaran tahfidzul Qur’an yang telah dipelajari. 2. Metode yang digunakan
dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Dayah Modern Ihyaaussunnah yaitu
menggunakan metode musyafahah (face to face), metode sima’i, metode resitasi,
metode takrir, metode mudarasah, dan metode tes. 3. Faktor pendukung dan
penghambat dalam proses tahfidzul Qur'an di Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota
Lhokseumawe, faktor pendukung terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan
faktor eksternal, adapun faktor internal dalam penelitian ini adalah faktor usia
muda, faktor kecerdasan santri, dan faktor tujuan dan minat menghafal Al-Qur’an.
Adapun faktor eksternal adalah faktor waktu, faktor tempat, dan peranan guru.
Faktor penghambat dalam proses tahfidzul Qur'an di Dayah Modern
Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe yaitu kurangnya minat dan bakat santri, santri
yang kurang motivasi dari diri sendiri, santri kesulitan mengatur waktu, dan santri
merasa kurang percaya diri.


Detail Information

Penulis
RASYIDIN - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 112105527
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail