PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMAN 1 SYAMTALIRA BAYU

Record Detail

Skripsi

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMAN 1 SYAMTALIRA BAYU

XML

Kepala sekolah mempunyai peran sebagai supervisor, edukator, motivator, dan
pemimpin dalam mengelola lembaga pendidikan. Kepala sekolah juga bertugas
dan bertanggung jawab terhadap evaluasi pembelajaran secara keseluruhan.
Adapun pengertian evaluasi pembelajaran yaitu proses untuk menentukan tujuan
pembelajaran dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan dalam artian
bahwa evaluasi pembelajaran sebagai suatu kegiatan penilaian yang dilakukan
dalam dunia pendidikan. Berdasarkan demikian penulis tertarik meneliti tentang
“Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran
di SMAN 1 Syamtalira Bayu”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: (1) bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan
evaluasi pembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu?, (2) bagaimana kendala
kepala sekolah terhadap peranan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di
SMAN 1 Syamtalira Bayu?, dengan tujuan (1) untuk mengetahui peran
kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di
SMAN 1 Syamtalira Bayu?, (2) untuk mengetahui kendala kepala sekolah
terhadap peranan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 1
Syamtalira Bayu. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif, dalam teknik pengumpulan datanya melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data,
dan verivikasi data serta menarik kesimpulan. Sehingga hasil penelitiannya
menunjukkan bahwa: (1) peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan
evaluasi pembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu ada beberapa program yang
dilakukan yaitu; (a) menyediakan sarana dan prasarana, (b) melakukan
pengawasan, (c) mengadakan les untuk kelas tiga, (d) mengadakan remedial untuk
siswa yang tidak cukup kkm. (2) kendala kepala sekolah terhadap peranan dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 1 Syamtalira Bayu ialah; (a) adanya
peserta didik yang melanggar prosedur ujian dengan berperilaku curang membawa
konsep kecil, (b) adanya peserta didik yang tidak hadir mengikuti ujian karna
alasan tertentu, (c) kurangnya sarana dan prasarana. Upaya dalam menyikapi
kendala- kendala tersebut ialah dengan; (a) peneguran serta pengarahan kepada
setiap anggota masyarakat sekolah yang melalaikan aturan sekolah, (b)
diadakannya ujian susulan atau remedial bagi peserta didik yang tidak hadir. Oleh
sebab itu diharapkan kepada kepala sekolah agar terus mengoptimalkan perannya
dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran supaya tujuan yang ingin dicapai
terpenuhi.


Detail Information

Penulis
PUTRI MAULIDA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142708584
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.2 Put p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail