Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK DIDIK DI TK SYAKILA TAHUN 2018
XMLKemampuan berbahasa anak nilainya masih di bawah standar ketuntasan, dalam
pelajaran metode yang digunakan guru masih belum begitu terarah dan belum
sempurna serta kurang efektif. Aspek afektif serta antusias anak dalam mengikuti
pembelajaran kurang berminat, anak lebih banyak bergurau, tidak serius,
kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga tidak adanya stimulus
respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan masih perlu peningkatan, anak
kesulitan saat berbahasa yang baik, anak belum mampu menyebutkan secara
teratur, anak tidak mampu membedakan huruf yang hampir sama bunyinya,
sehingga apa yang diucapkan anak tidak jelas dan mantap. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah metode bermain peran dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam berbahasa di TK Syakila. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terjadi peningkatan terhadap metode bermain peran pada
peningkatan kemampuan berbahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah PTK Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara.
Hasil penilaian kemampuan berbahasa pada siklus I setelah diberikan tindakan
melalui metode bermain peran diperoleh persentase 46 %, dan pada siklus II ratarata persentase kemampuan berbahasa berkembang sangat baik sehingga
mengalami peningkatan sebesar 93% dalam kemampuan berbahasa melalui
metode bermain peran. peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori
Belum Berkembang, mulai berkembang dan akhirnya menjadi Berkembang
Sesuai Harapan.
Detail Information
Penulis |
ASTIA SARI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108636 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Ast p
|