Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PELAJARAN AUDIO VISUAL DAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 SYAMTALIRA BAYU
XMLSkripsi ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Pelajaran Audio Visual Dan
Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMPN 2 Syamtalira Bayu, yang dilatar belakangi oleh aspek kurangnya
keterampilan dan peran guru dalam memanfaatkan berbagai macam media
pelajaran yang ada baik berupa media audiovisual dan media visual maupun
media –media lainnya dalam proses pembelajaran sehingga siswa cenderung
diam, bosan, dan tidur dikelas. Aspek keaktifan serta antusias siswa kurang
dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam secara optimal.siswa
lebih banyak keluar masuk kelas, mengganggu temannya yang lagi belajar,
berguran, main sendiri sehingga tidak ada stimulus respon ketika mata pelajaran
sedang berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
menggunakan media pelajaran audio visual dan media visual di kelas VIII SMPN
2 Syamtalira Bayu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik (sampling jenuh), sedangkan yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah kelas sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun untuk memperoleh
data peneliti melakukan tes yaitu pre-test dan post-test. Untuk data pre test uji
homogenitas diperoleh
<
yaitu 1,39 < 1,96 dan post-test 1,62
< 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa kedua data homogeny. Selanjutnya hasil
uji normalitas data pre test kelas eksperimen diperoleh <
yaitu 0.1135
< 0,1706 dan kelas control 0,1134 < 0,1706 maka dapat disimpulkan bahwa
kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji normalitas data post- test
kelas eksperimen diperoleh <
yaitu 0.1088 < 0,1706 dan kelas control
0,1391 < 0,1706 maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi
normal.. Pengujian hipotesis digunakan uji t dengan taraf signifikan ∝= 0,05.
Hipotesis penelitian ini adalah tolak jika
>
Dan terima jika
<
. Untuk data pre-test diperoleh
<
yaitu 0,8861 < 1,6775 maka terima , maka dapat disimpulkan bahwa
ada perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk
post test diperoleh
>
yaitu 1,6887 > 1,6775 maka terima tolak
sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan media
pelajaran audiovisual dan visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam pada materi menghindari minuman keras, judi dan
pertengkaran di SMPN 2 Syamtalira Bayu kelas VIII.
Detail Information
Penulis |
SURYANTI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Sur p
|