Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR KOTA LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di taman kanakkanak
masih rendah. Anak kesulitan dalam mengenal bilangan, Anak bisa
membilang/menyebutkan urutan bilangan tetapi pada saat guru bertanya bilangan
1-10 anak masih belum bisa menunjukan bilangan dengan tepat, dan anak
mengalami kesulitan dalam menghubungkan bilangan dengan benda. Oleh
karena itu dibutuhkan suatu alternatif pembelajaran agar siswa merasa senang
dengan proses pembelajaran, salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan pengenalan konsep bilangan pada anak adalah dengan
menggunakan media kartu angka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan
menggunakan Kartu Angka pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak AlAzhar
Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah TK Al-Azhar
Kota Lhokseumawe sebanyak 18 orang anak. Adapun indikator keberhasilan
penelitian ini adalah sebagai berikut: Penelitian ini berhasil apabila mencapai
ketuntasan klasikal ≥ 80% dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun
siswa berdasarkan hasil observasi berada pada kategori ”baik”. Data penelitian
diperoleh melalui observasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung
melalui lembar observasi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap
siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Secara keseluruhan hasil penelitian dengan penerapan mendeskripsikan
peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui pembelajaran kartu
angka menunjukkan bahwa anak mengalami perubahan yaitu pada hasil tes akhir
siklus I yaitu sebesar 54,44% dan siklus II jumlah persentase ketuntasan adalah
sebesar 81,33%, karena persentase yang diperoleh lebih besar daripada standar
yang ditetapkan maka diputuskan bahwa siklus II telah berhasil dan tidak perlu
dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan
bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan
Kartu Angka pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azhar Kota
Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
NURIMAH YANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509195 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|