ANALISIS BAURAN PEMASARAN SYARIAH TERHADAP USAHA TEMPE BUNGA MAWAR DI KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

ANALISIS BAURAN PEMASARAN SYARIAH TERHADAP USAHA TEMPE BUNGA MAWAR DI KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Gampong Uteun Bayi Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe merupakan
salah satu gampong yang bisnisnya usaha masyarakatnya bergerak dibidang
usaha tempe. Berdasarkan observasi awal yang saya temukan di pasar pusong,
pasar infres dan pajak cunda dari beberapa penjual tempe Bunga mawar, tempe
bunga siroja dan tempe sabena, disana saya lihat bahwa tempe mawar yang
banyak dibeli oleh konsumen, sehingga yang jadi rumusan masalah yaitu (1)
Bagaimana bauran pemasaran syariah pada usaha tempe bunga mawar Kota
Lhokseumawe (2) Bagaimana kendala pemasaran yang dihadapi usaha tempe
bunga mawar Kota Lhokseumawe. Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) untuk
mengetahui bauran pemasaran syariah pada usaha tempe bunga mawar Kota
Lhokseumawe. (2) untuk mengetahui kendala pemasaran yang dihadapi usaha
tempe bunga mawar Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan penelitian
lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Sumber data yang penulis
gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis dapatkan (1) bauran
pemasaran syariah usaha tempe bunga mawar Kota Lhokseumawe dilihat dari
produk (product), bahan yang digunakan produk (product), produk yang
diproduksi merupakan bahan yang berkualitas baik, menggunakan kedelai import
Thailand yang bagus, usaha tempe bunga mawar ini sangat menjaga kualitas,
bagus, lembut. Harga (price), usaha tempe bunga mawar mempunyai harga sendiri
yang beda dengan pasaran karena kualitas yang diberikan berbeda dengan yang
lain. Lokasi (Place), usaha tempe bunga mawar memiliki lokasi yang strategis, karena lokasinya di pinggir jalan, sehingga memberikan kemudahan bagi
masyarakat, Promosi (Promotion), usaha tempe bunga mawar, melakukan
promosi secara lisan dan diteruskan dari mulut ke mulut (word of mounth), 2)
kendala pemasaran yang dihadapi usaha tempe bunga mawar Kota Lhokseumawe
yaitu : proses pengurusan izin label halal, kemudia pada pelaksaan distribusi dan
transportasi ketika pemasaran dan penjualan, kendala berikutnya adalah pada saat
gagal produksi ketika banyak tempe yang rusak/tidak masak, pada waktu cuaca
dingin atau musim hujan, maka takaran ragi lebih diperbanyak pengeluaran
pengusaha semakin banyak sehingga pendapatan tidak seimbang dan harga tempe
menurun.


Detail Information

Penulis
Mukhlis - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 151208709
Edition
Language
Indonesia
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X6.3 Muk a

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail