PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP SWASTA SUKMA BANGSA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP SWASTA SUKMA BANGSA LHOKSEUMAWE

XML

Rendahnya kemampuan pemahaman matematis disebabkan oleh beberapa hal diantaranya: siswa tidak dapat memahami masalah dengan benar, siswa tidak dapat menyusun rencana penyelesaian suatu masalah dan siswa tidak bisa menyelesaikan masalah sesuai rencana. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam mencari dan membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat menjawab tantangan tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahamaman konsep matematis siswa sehingga siswa dapat memahami Bilangan Pecahan sesuai dengan tingkat kemampuannya yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan pemahaman konsep matematis dapat memberikan kesempatan kepada siswa berperan aktif dalam belajar, mencari dan menemukan sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Swasta Sukma Bangsa Lhokseumawe melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh diujie secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Swasta Sukma Bangsa Lhokseumawe. Sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan dengan purposive sampling class (ciri-ciri khusus), sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VII Niujie sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Nabawi sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,33 < 2,12 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama. Hasil uji normalitas kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,0943 < 0,1866 maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,6840 > 1,5396 maka tolak H0 dan terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ Ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Swasta Sukma Bangsa Lhokseumawe melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe STAD pada materi Operasi Bilangan Pecahan.


Detail Information

Penulis
MUHAMMAD DIAN - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208923
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Muh p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail