PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 6 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 6 LHOKSEUMAWE

XML

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu hal yang penting dalam
proses pembelajaran matematika, karena dengan pemahaman konsep yang baik
akan memberikan hasil yang baik pula terhadap peserta didik dalam
menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dirasakan mampu untuk
meningkatkan pemahaman matematis peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pemahaman konsep matematis melalui
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka yang menjadi metode penelitian
dalam skripsi ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian
kuasi eksperimen dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas X IPA 2 SMA N 6 Lhokseumawe. Sedangkan untuk menentukan sampel
dilakukan dengan random sampling class (acak kelas), sehingga yang menjadi
sampel adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa
yang nantinya akan diterapkan Model Pembelajaran tipe jigsaw dan kelas X IPA 2
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa ini diterapkan proses pembelajaran
yang diajarkan secara konvensional. Berdasarkan analisis data awal yang
dilakukan melalui uji-t saat pretest dengan signifikan 5% ditemukan bahwa thitung
< t tabel yaitu 0,94 < 2.015 ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan rata- rata
pre-test dari kedua kelas, sehingga dapat diberikan perlakukan untuk kedua kelas
tersebut. Kemudian berdasarkan analisis data akhir dapat disimpulkan bahwa
harga thitung = 2.04 dan ttabel= 2.015. Setelah pengujian hipotesis pada taraf
signifikan 0,025
2
0,05    dan (dk) = n1+n2-2 = 23 + 23 – 2 = 44, maka
berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0 karena thitung > tabel t yaitu 2.04 >
2.015. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemahaman
konsep matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw SMA
Negeri 6 Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
MAULIZAR - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208893
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Mau p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail