PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTSN 4 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTSN 4 ACEH UTARA

XML

Pemecahan masalah matematika salah satu yang sangat berperan di dalam
pembelajaran matematika. Namun pembelajaran matematika di sekolah masih
kurang optimal dalam proses pembelajaran, umumnya guru yang terlibat aktif
dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya jadi penerima informasi yang baik.
Akibatnya siswa tidak terlatih dalam menghubungkan konsep-konsep materi yang
telah dipelajari sebelumnya dan cara menganalisa permasalahan belum memadai.
Untuk mengatasi masalah tersebut guru membutuhkan pembelajaran yang mampu
mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Salah
satunya adalah pembelajaran model Problem Based Learning. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
pada materi Bilangan Bulat kelas VII MTsN 4 Aceh Utara yang diajarkan dengan
pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa
diajarkan dengan konvensional. Penelitian ini diajarkan dengan metode kuantitatif
dimana data diperoleh diuji secara statistik. Adapun instrument yang digunakan
berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 4 Aceh Utara. Dengan
menggunakan teknik random sampling diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas
VIIb sebagai kelas ekserimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Berdasarkan
data yang telah terkumpul dan setelah dilakukan pengolahan data serta dilakukan
uji homogenitas Fhitung < Ftabell yaitu 1,27 < 2,00 maka dapat disimpulkan kedua
data tersebut homogen. Kemudian dilakukan pengujian normalitas data tes akhir
kelas eksperimen diperoleh L0 ≤ Ltabel yaitu 0,1714 ≤ 0,173. Selanjutnya
pengujian normalitas data tes akhir kelas kontrol diperoleh diperoleh L0 ≤ Ltabel
yaitu 0,0745 ≤ 0,1764, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data
berdistribusi normal. Sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak
kanan. hasil penelitian dengan


Detail Information

Penulis
MUHAMMAD UBAIDILLAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208896
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Muh p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail