Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MTsN 2 ACEH UTARA
XMLABSTRAK
Literasi matematika adalah kemampuan seseorang dalam membaca suatu
informasi mulai dari mengidentifikasi, memahami masalah dan membuat suatu
keputusan untuk menetapkan cara penyelesaiannya. Hal ini akan mendorong
seseorang untuk peka dan paham pengunaan matematika dalam kehidupan seharihari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan literasi
matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Utara dengan menerapkan model
pembelajaran problem based learning (PBL).Dalam penelitian ini digunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperiment (eksperimen
semu) dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Utara dan untuk menentukan
sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga yang menjadi sampelnya
adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir
(post-test). Nilai pre-test dan post-test siswa diolah dengan menggunakan
persamaan N-gain. Hasil nilai gain siswa menunjukkan bahwa nilai rata rata kelas
eksperimen ̅ = 43 dan varians
= 315,6, sedangkan nilai gain kelas kontrol
dengan rata-rata x = 29,2 dan varians
= 171,7. Berdasarkan uji homogenitas
diperoleh < yaitu 1,83< 2,17 sehingga dapat disimpulkan kedua
data homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan, hasil
penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,76 > 2,024 maka ditolak H0, yang berarti
terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada terdapat peningkatan
kemampuan literasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran
Problem based learning pada materi pola bilangan kelas VIII di MTsN 2 Aceh
Utara”.
Detail Information
Penulis |
ATIKA RATNA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152208884 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Ati p
|