PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 LHOKSUKON

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 LHOKSUKON

XML

ABSTRAK
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan karena siswa kurang
diberikan kesempatan untuk mengeluarkan ide-ide dan gagasannya, siswa belum
mampu melahirkan gagasan atau penyelesaian yang lebih bervariasi, siswa kurang
mampu menyelesaikan soal dengan bermacam gagasan, dan sebagian besar siswa
belum dapat mempresentasikan hasil ide atau gagasannya sehingga berpikir
kreatif siswa terhambat dan patut diperhatikan. Salah satu model pembelajaran
yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran Creative
Problem Solving (CPS) pada materi himpunan kelas VII di SMP Negeri 1
Lhoksukon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang
diperoleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Lhoksukon, pengambilan sampel dilakukan dengan
Random Sampling Class (acak kelas), sehingga yang menjadi sampel adalah kelas
VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan
hasil penelitian baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol menunjukan bahwa
kedua kelas homogen serta berdistribusi normal. Sehingga peneliti dapat
melakukan uji-t untuk menjawab uji hipotesis, dari perhitungan data diperoleh
nilai ̅ = 51,62, ̅ = 23,31 dan S1 = 15,72, S2 = 14,04. Maka dengan selang
kepercayaan 95% atau α = 0.05, dengan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 - 2) =
(29 + 29 - 2) = 56 maka diperoleh nilai thitung = 7,24 serta ttabel = t(0.95)(56) = 1.679
menunjukkan bahwa  

> 
 yaitu 7,24 > 1.679 maka tolak H0 dan terima
Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada peningkatan kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS) pada materi himpunan kelas VII di SMP Negeri 1 Lhoksukon”.


Detail Information

Penulis
JIHAN FAHERA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208888
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Jih p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail