Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTsS ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika disebabkan oleh
beberapa hal diantaranya di sekolah masih menggunakan metode pembelajaran
konvensional, guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa dalam
mengungkapkan gagasannya dalam pemecahan masalah, dan guru jarang
memberikan soal-soal tidak rutin yang berupa soal-soal dalam kehidupan sehari- hari sehingga siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan
masalah matematika. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang
mampu mengatasi semua permasalahan di atas, salah satunya adalah model
pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimental. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MtsS Ulumuddin Lhokseumawe.
Dengan menggunakan teknik random sampling di peroleh dua kelas sampel, yaitu
VII6 dan VII8, yaitu kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII8 sebagai
kelas kontrol. Adapun untuk memperoleh data langsung dari lapangan, maka
peneliti melakukan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil uji
normalitas dan homogenitas , sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t
pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 38. Dari hasil pengolahan data ternyata
thitung > ttabel yaitu, 2,38 > 2,024 sehingga tolak Ho dan terima Ha, maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTsS Ulumuddin
Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
DINDA ALNISARA HADI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152208892 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Din p
|