Skripsi
PENIGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA MTsN 5 ACEH UTARA
XMLABSTRAK
Pemahaman konsep matematis siswa selama ini masih rendah, hal ini dapat dilihat
dari ketidakmampuan siswa dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa
atau simbol matematika, kurangnya kemampuan siswa dalam menjelaskan ide-ide
matematika, baik secara lisan atau tulisan. Untuk itu perlu adanya metode
pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis salah satu alternatif adalah melalui metode discovery learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep
matematis siswa melalui model discovery learning lebih baik dari pada siswa
yang memperoleh pembelajaran konvensional di MTsN 5 Aceh Utara. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara
statistik. Populasi yang akan diambil adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 5
Aceh Utara. Adapun sampel yang akan diambil dari populasi yaitu kelas VII-2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Untuk
memperoleh data langsung dari sekolah dilakukan tes. Diperoleh hasil : 1) Untuk
nilai pre-test, Uji normalitas di kelas eksperimen diperoleh Lo < Ltabel, yaitu
0,1170 < 0,2130 dan di kelas kontrol Lo < Ltabel, yaitu 0,1778 < 0,2130. uji
homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,55 < 2,40. kedua sampel normal dan
homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t dua pihak yaitu
thitung = 0,69 dan ttabel = 2,042 menunjukkan thitung < ttabel, sehingga diterima H0
bahwa kemampuan kedua kelas sama. 2) Untuk nilai post-test. Uji normalitas data
N-gain di kelas eksperimen diperoleh Lo < Ltabel, yaitu 0,1587 < 0,2130 dan di
kelas kontrol Lo < Ltabel, yaitu 0,1925 < 0,2130. uji homogenitas diperoleh Fhitung <
Ftabel yaitu 2,00 < 2,40, kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak yaitu thitung = 27,14 dan ttabel = 1,697
menunjukkan thitung > ttabel, sehingga tolak H0 dan terima Ha sehingga bisa
disimpulkan bahwa “Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa melalui
model discovery learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional”.
Detail Information
Penulis |
KHAIRUN NISA’ - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152208916 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Kha p
|