PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TEMATIS SISWA MTsN 1 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TEMATIS SISWA MTsN 1 LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTsN 1 Lhokseumawe pada
materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Harus diakui bahwa rendahnya
kemampuan pemecahaan masalah siswa disebabkan beberapa faktor diantaranya
yaitu siswa masih sulit memahami dan menganalisis soal-soal yang bersifat non
rutin. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahaan masalah
matematis yang dimiliki siswa. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan
kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 1 Lhokseumawe, sedangkan untuk
menentukan sampel dilakukan dengan random sampling class (acak kelas),
sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian homogenitas, diperoleh
  > 


yaitu 1,12 < 1,64 , maka dapat disimpulkan bahwa kedua data
homogen, artinya tingkat kecerdasan dan kemampua pemahaman kedua kelas
tersebut sama. Pengujian normalitas nilai post-test kelas eksperimen pada tarif
signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk ) = 6 – 1 = 5, maka dari tabel
distribusi Chi-Kuadrat diperoleh



 = 11.070. Data berdistribusi normal jika
 
 <



 sehingga 4,980 < 11,070, maka dapat disimpulkan bahwa nilai tes
akhir kelas eksperimen berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian normalitas
nilai tes akhir kontrol (dk ) = k – 1 = 6 – 1 = 5, maka dari tabel distribusi Chi-
Kuadrat diperoleh



 = 11.070. Data berdistribusi normal jika  
 <




sehingga 9,148 < 11,070, maka dapat disimpulkan bahwa nilai tes akhir kelas
kontrol berdistribusi normal. Oleh karena uji prasyarat analisis data sudah
terpenuhi maka dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil
penelitian diperoleh   = 2,469 dan 


= 1,671. Berdasarkan kriteria
pembuktikan hipotesis   > 


yaitu 2,469 > 1,671 maka tolak H0 dan
terima Ha yang membuktikan bahwa “Nilai rata-rata kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Lhokseumawe yang menggunakan
model pembelajaraan kooperatif tipe TAI tidak sama dengan nilai rata-rata
kemapuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model
pembelajaran saintifik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”.


Detail Information

Penulis
REVINA MANDA SARI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208890
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Rev p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail