Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING PADA SMP NEGERI 1 LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan salah satunya guru masih
menggunakan pembelajaran yang bersifat satu arah dan ksempatan siswa untuk
mengeluarkan ide ide matematis sangat kuarang . akibatnya siswa kurang memahami
materi yang diberikan oleh guru. Salah satu alternative pembelajaran yang sesuai
dengan permasalahan diatas adalah pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar matematika
siswa melelui pembelajaran snowball throwing pada SMP Negeri 1 Lhokseumawe.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji
secara statistic. Adapun instrument yang digunakan berupa tes untuk melihat hasil
belajar matematika siswa. Poulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Dengan menggunakan teknik random sampling
diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen yang diberikan
perlakuan menggunakan pembelajaran snowball throwing dan kelas VIIG sebagai
kelas control yang diberikan pembelajaran secara konvensional. Berdasakan data
yang telah terkumpul dan setelah dilakukan pengolahan data serta dilakuakan uji
normalitas diperoleh kedua kelompok data tersebut berdistribusi normal. Kemudian
dilakukan pengujian homogenitas data baik pada kelas eksperimen maupun kelas
kontrol iproleh bahwa data kelas eksprimen dan kelas kontol homogen. Sselanjutnya
untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. hasil penelitian dengan α = 5% dan dk = 50
diperoleh thitung = 2,05 sedangkan ttabel = 1,677 dengan demikian thitung > ttabel maka
2,05 > 1,677, sehingga disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika
siswa melalui pembel;ajaran Snowball Throwing pada SMP Negeri 1 Lhokseumawe
pada materi operasi bentuk aljabar.
Detail Information
Penulis |
Meri Rustiayani - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208219 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Mer p
|