PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Dewasa ini siswa pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami dan
menyelesaikan masalah matematika yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar
matematika siswa. Hal tersebut terjadi karena adanya berbagai pandangan negatif
dari siswa berkenaan dengan pelajaran matematika yang dimunculkan dari guru
baik secara langsung maupun tidak langsung, disadari atau tidak disadari. Salah
satunya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Sebagian
besar guru menggunakan pendekatan konvensional dalam proses pembelajaran
matematika sehingga peserta didik merasa jenuh, kurang aktif dan kurang
bersemangat. Untuk itu dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa serta menciptakan suasana belajar yang menarik,
sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar. Salah satunya yaitu melalui
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) tehadap hasil belajar matematika siswa
pada materi KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan
instrumen yang digunakan berupa tes. Tes yang peneliti berikan terdiri dari pretes
dan postes dengan soal essay. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V yang berjumlah 82 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini
adalah kelas V Teuku Umar sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan
dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas V Cut Meutia sebagai kelas kontrol
yang diberikan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 43 orang.
Sebelum data dianalisis dengan menggunakan statistik uji- z terlebih dahulu
dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas sebagai prasyarat untuk
menggunakan parametik uji- z . Karena data homogen dan berdistribusi normal,
maka data diuji dengan statistik parametik uji- z . Hasil analisis secara statistik
diperoleh hitung tabel z > z , yaitu 73,4 > 99,1 dengan α = 0,05 yang berarti tolak
Ho
dan terima Ha
. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh
pembelajaran model kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) yang diterapkan di
kelas V MIN Kuta Blang Lhokseumawe terhadap hasil belajar siswa”.


Detail Information

Penulis
LAZUARDI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 122206734
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Laz p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail