Skripsi
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MENENGAH PERTAMA
XMLABSTRAK
Kemampuan komunikasi matematika siswa saat ini masih rendah, hal ini dapat
dilihat dari kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami dan memecahkan
suatu masalah serta kurangnya keberanian siswa untuk menyampaikan ide-ide dan
gagasan matematika yang benar. Untuk itu dibutuhkan suatu strategi pembelajaran
yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa serta menciptakan
suasana belajar yang menarik, sehingga siswa lebih aktif dalam menyampaikan
ide-ide dan gagasan matematika salah satunya yaitu melalui model pembelajaran
kooperatif tipe Think-Pair-Share . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah kemampuan komunikasi matematika dengan menggunakan model
Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih baik dari pada
pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 9 Lhokseumawe. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 9 Lhokseumawe.
Sementara sampelnya terpilih 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen,
pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling class
terpilih kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan VII1 sebagai kelas kontrol.
Untuk kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair-Share, sedangkan untuk kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran
konvensional, data yang diperoleh dengan memberikan tes awal dan tes akhir
pada kedua kelas dengan soal yang sama, selanjutnya, data yang dikumpulkan
dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α= 0,05. Sebelum uji-t
digunakan terlebih dulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas, dengan
Fhitung< Ftabel (1,27<1,84) yang berarti kedua kelas memiliki tingkat kemampuan
kognitif yang sama. Selanjutnya pada uji normalitas untuk hasil post-test
menunjukkan bahwa kelas eksperimen
2
hitung<
2
tabel (9,3433 < 11,070) yang
berarti data kelas eksperimen berdistribusi normal, dan untuk kelas kontrol
2
hitung<
2
tabel (3,5814 < 11,070) yang berarti data kelas kontrol juga berdistribusi
normal. Berdasarkan hasil pengolahan data ternyata pada taraf signifikan α = 0,05
dengan = +
− 2 = 32 + 31 – 2 = 61 diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,016 > 1,67 sehingga H0 ditolak dan terima Ha, yang artinya kemampuan
komunikasi matematika dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif
tipe Think-Pair-Share lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas
VIII SMPN 9 Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
RAHMAT FATANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122206772 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Rah p
|