PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON

XML

ABSTRAK
Pembelajaran matematika di sekolah sekarang ini masih kurang optimal dalam
mengembangkan kemampuan komunikasi matematika. Terutama pada materi
persamaan linear satu variabel. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu
model yang memungkinkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray. Tujuan peneliti ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray pada materi persamaan linear satu variabel.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian
tindakan kelas ( PTK). Sebjek data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Syamtalira Aron. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data
untuk mendeskripsikan data penelitian dengan melakukan perhitunagan analisis
data tes kemampuan komunikasi matematika, analisis data aktivitas siswa, analisis
data kemampuan guru mengelola pelajaran dan teknik analisis data wawancara.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan melakukan proses pengkajian
tindakan yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Hal ini dikarenakan beberapa aspek kriteria keefektifan pembelajaran
terpenuhi, yaitu sebagai berikut: (1) aktifitas siswa dalam mengikuti pelajaran
sangat aktif, hal ini terlihat dari observasi tindakan I terhadap siswa diman
perolehan persentase yaitu dari pengamat I mencapai 73,33% dan pengamat II
76,66% dan beradapada kategori cukup baik. Dan pada hasil observasi tindakan II
terhadap siswa dimana perolehan persentase yaitu dari pengamat I mencapai
86,66% dan pengamat II mencapai 88,33% dan ini berada pada kategori baik. (2).
Hasil tes akhir siswa sudah mencapai keberhasilan karena 85% siswa
memperoleh skor > KKM. Hal ini juga berdasarkan peningkatan hasil observasi
yang terus meningkat, dimana perolehan persentase pada pelaksanaan tindakan I
hanya sebesar 52,38% kemudian terus mengalami peningkatan pada tindakan II
menjadi 85,71%. Maka keberhasilan secara keseluruhan telah tercapai sehigga
dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada
materi Persamaan Linear Satu Variabel di kelas VII SMP Negeri 2 Syamtalira
Aron.


Detail Information

Penulis
RUZZANA MAULIDA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208901
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Ruz p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail