Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZERUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Tujuan pehamaman konsep matematika di sekolah sekarang ini masih kurang
optimal dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu menerapkan model pembelajaran
yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa yaitu melalui
model pembelajaran Advance Organizer. Tujuan peneliti ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan
model pembelajaran pada Advance Organizer materi keliling dan luas segitiga. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan cara pemberian
tes,yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP N 11 Lhokseumawe,dengan pengambilan sampel dengan
pengambilan sampel tenik random sampling class,yaitu pengambilan secara acak
yang terpilih dua kelas. Jenis kuasi penelitian eksperimen kedua kelas tersebut
terdiri dari kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan
metode Advance organizer dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dengan
pembelajaran konvesional. Berdasarkan uji hipotesis, kelas tersebut homogen
dengan kriteria hitung t > tabel t yaitu 1,676 > 1,6892 > 1,671; maka tolak H0 dan
terima Ha artinya ada penerapan model pembelajaran advance organizer untuk
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 11
Lhokseumawe
Detail Information
Penulis |
SAFRINA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152208904 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Saf p
|