Skripsi
KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATREMATIS SISWA
XMLAbstrak
Musdarul Azmi. 2020. “Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa”
Model pembelajaran REACT adalah model pembelajaran kontekstual model,
relating, experiencing, applying, cooperating, transferring. Sehingga model
pembelajaran ini sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran matematika,
khususnya untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu
faktor penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan
oleh kesempatan siswa untuk bertanya atas permasalahan matematika sangat terbatas.
Padahal kesempatan bertanya itulah yang memberikan eksplorasi akan ide-ide yang
ada pada siswa untuk diutanggapi oleh guru baik secara lisan maupun secara tulisan.
Selain dari itu proses pembelajaran masih bersifat individual , sehingga interaksi
siswa dengan siswa sangat kurang. Guru matematika perlu memilih pembelajaran
yang tepat, salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model
pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating,
Transferring). Pembelajaran ini mampu menggali ide-ide siswa untuk diungkapkan
baik secara lisan maupun secara tulisan, hal ini dikarenakan pembelajaran ini diawali
dengan proses relating yaitu mengaitkan konsep dalam kehidupan nyata sehingga
mendorong siswa mengeluarkan ide-idenya. Ide-ide tersebut dapat dimanfaatkan
untuk membangun keterampilan dasar siswa saat siswa melakukan experiencing.
Supaya siswa mampu membuat kesimpulan yang baik, siswa bisa melakukannya
dalam kelompok. Saat berdiskusi, siswa diharapkan bisa memberikan penjelasan
yang lebih lanjut dan mengatur strategi serta taktik dalam mengaplikasikan konsep
yang sedang dipelajari dalam apllying dan transferring. Penelitian ini bertujuan untuk
mendesripsikan model pembelajaran REACT ditinjau dari kemampuan komunikasi
matematis siswa matematika siswa. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan
penelitan kepustakaan (library research) yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan
dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang objek penelitiannya
digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, dan jurnal ilmiah) Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan teknik analisis data menggunakan
tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari
beberapa kajian pustaka dapat diperoleh bahwa model pembelajaran REACT
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sangat baik diterapkan dalam
pembelajaran matematika
Detail Information
Penulis |
Musdarul Azmi - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162209502 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Mus k
|