PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs SWASTA ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs SWASTA ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs
Swasta Ulumuddin Lhokseumawe, rendahnya komunikasi matematis disebabkan
siswa kurang diberi kesempatan untuk mengungkapkan atau menafsirkan idenya
dan menjelaskan secara lisan maupun tertulis mengapa mereka memperoleh
jawaban tersebut. Siswa tersebut belajar seolah-olah dengan tekanan tanpa
memiliki kesempatan untuk menganalisa, menjelaskan, mengembangkan, atau
menyeleksi ide mereka, sehingga pembelajaran yang dicapai tidak sesuai dengan
apa yang diharapkan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode atau pendekatan
kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi
matematis.Salah satunya dengan model pembelajran Snowball Throwing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh
diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data langsung dari sekolah
dilakukan tes. Tes tersebut bertujuan untuk melihat kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas VIII MTs Swasta Ulumuddin Lhokseumawe. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Ulumuddin
Lhokseumawe, Sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan simple random
sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VIII8 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontol. Hasil pengujian homogenitas
diperoleh F hitung homogen. Pengujian normalitas dari tabel Lilliefors diperoleh data kelas
eksperimen L0 berdstribusi normal. Selanjutnya pengujian normalitas dari tabel lilliefors
diperoleh data kelaskontroldiperoleh L0 disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dari kedua kelas tersebut dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian diperolehthitung >ttabelyaitu3,4504 >
1,6794 maka tolak Ho dan terima Ha dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Ada pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa MTs Swasta Ulumuddin Lhokseumawe Pada
Materi Kubus dan Balok.


Detail Information

Penulis
SARI KAMISNA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208907
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Sar p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail