Thesis
STRATEGI KAMPANYE PASANGAN MURSIL-T. INSYAFUDDIN DAN HAMDAN SATI-IZWARDI PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH TAMIANG TAHUN 2017
XMLABSTRAK
Hasil Pilkada yang terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang menunjukkan
bahwa membentuk opini masyarakat ke arah yang baik terhadap kandidat menjadi
fokus. Hal ini berakibat kepada terpilih atau tidak terpilihnya kandidat di dalam
Pilkada tersebut. Berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang peneliti lakukan
di lapangan diketahui bahwa terdapat dua kandidat yang memiliki suara terbanyak
yaitu pasangan Hamdan Sati-Izwardi dan Mursil-T. Insyafuddin. Baik Hamdan
Sati-Izwardi maupun Mursil-T. Insyafuddin masing-masing memiliki strategi
kampanye yang menarik dan berbeda di lapangan dalam memperoleh dukungan
suara pada pemenangan Pilkada sehingga menarik untuk diteliti secara lebih
mendalam. Berdasarkan pada latar belakang tersebut maka penelti ingin
melakukan kajian lebih mendalam mengenai Strategi Kampanye Pasangan
Mursil-T. Insyafuddin dan Hamdan Sati-Izwardi pada Pemilihan Kepala Daerah
Aceh Tamiang Tahun 2017”. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui
strategi kampanye pasangan Mursil-T. Insyafuddin dan Hamdan Sati-Izwardi pada
pemilukada di Aceh Tamiang tahun 2017. Selanjutnya, untuk mengetahui
efektivitas dan hambatan apa saja dalam strategi kampanye pasangan kandidat
Mursil-T. Insyafuddin dan Hamdan Sati-Izwardi pada pemilukada di Aceh
Tamiang tahun 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan
metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi
dan mewawancarai narasumber yang terlibat langsung dalam kampanye politik
dan pemilukada di Aceh Tamiang yaitu tim sukses dari kedua kandidat,
masyarakat dan pengamat politik di Aceh Tamiang. Metode analisis data yang
digunakan ialah deskriptif fenomenologi yang bertujuan untuk memberikan
deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari variabel yang
diperoleh. Hasil dari penelitian ini ialah strategi kampanye politik yang dilakukan
oleh pasangan Mursil-T.Insyafuddin adalah membangun citra politik sebagai
pemimpin yang merakyat dan bersahaja, turun langsung ke lapangan menemui
masyarakat secara door to door, membangun konsensus dengan para tokoh agama
dan masyarakat. Sedangkan strategi kampanye pasangan Hamdan Sati-Izwardi
ialah membangun citra diri sebagai sosok pemimpin sejati dengan memanfaatkan
media cetak, brosur selebaran dan media sosial serta membangun jalan dan
jembatan di wilayah pedalaman sebagai bentuk pesan persuasif. Hambatan- hambatan dalam strategi kampanye pasangan Mursil-T.Insyafuddin dan Hamdan
sati-Izwardi yaitu, keterbatasan sarana media informasi di wilayah Tamiang, sikap
masyarakat yang apatis terhadap politik dalam pemilihan umum dan banyaknya
suku yang beragam di wilayah Aceh Tamiang.
Detail Information
Penulis |
VIVI NOVINGGI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 154100098 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-KPI : Pasca Sarjana IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
302.2 Viv s
|