PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII-c MTsN 4 ACEH UTARA PADA MATERI HIMPUNAN

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII-c MTsN 4 ACEH UTARA PADA MATERI HIMPUNAN

XML

Ada beberapa masalah yang masih dialami siswa tentang pemahman konsep
matematis diantaranya siswa sulit untuk menyatakan ulang sebuah konsep yang
telah dipelajari, Siswa juga sulit mengklasifikasikan objek-objek menurut sifatsifat
tertentu (sesuai dengan konsepnya), dan siswa juga kurang mengetahui cara
mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menerapkan
model Pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas VII-c MTsN 4 Aceh
Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
wawancara dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-c MTsN 4
Aceh Utara yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
tindakan. Pelaksanaan tiap tindakan dilakukan dengan menggunakan model
Pembelajaran Direct Instruction dalam pembelajaran matematika materi
himpunan sub bab operasi irisan dan operasi gabungan. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara dan observasi. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah berupa soal pra-tindakan, LKS, lembar
observasi siswa dan guru dan soal tindakan I dan Tindakan II. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data
kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan
menghitung persentase ketuntasan belajar siswa. Analisis data kualitatif dilakukan
dengan mendeskripsikan kegiatan aktivitas siswa dan guru. Sebelum adanya
tindakan, siswa yang tuntas hanya 5 siswa atau sebesar 20,83%, pada tindakan I
jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 siswa atau sebesar 58,33% dan
pada tindakan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau sebesar 87,5%
sudah memunuhi KKM. Sedangkan untuk hasil observasi terhadap kegiatan guru
pada tindakan I mencapai 88,18% dan hasil obervasi terhadap kegiatan siswa pada
tindakan I mencapai 87,16% dan hasil observasi tehadapap kegiatan guru pada
tindakan II mencapai 93,05% dah hasil obervasi terhadap kegiatan siswa pada
tindaakn II mencapai 90,05%. Dengan hasil penelitian yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIIc
MTsN 4 Aceh Utara pada materi himpunan sub bab operasi irisan dan operasi
gabungan mengalami peningkatan dengan menggunakan model Pembelajaran
Direct Instruction.


Detail Information

Penulis
KHAIRUL AFDHAL - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207571
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Kha p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail