Skripsi
PENERAPAN METODE AMANAH DALAM PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK KELOMPOK B RAUDHATUL ATFHAL UKHTANI LHOKSEUMAWE (Studi Fenomenologi pada RA Ukhtani Lhokseumawe)
XMLABSTRAK
Suci Aulia Sari. 2020. Penerapan Metode Amanah dalam Penanaman Nilai Moral pada Anak Kelompok B Raudhatul Athfal Ukhtani Lhokseumawe (Studi Fenomenologi pada RA Ukhtani Lhokseumawe)
Penanaman nilai moral dengan penerapan metode amanah pada anak kelompok B dapat membuat anak memiliki nilai-nilai moral yang baik sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode amanah dalam penanaman nilai moral pada anak kelompok B di RA Ukhtani, 2) nilai-nilai moral yang diterapkan pada anak kelompok B di RA Ukhtani melalui metode amanah, 3) faktor yang dapat mempengaruhi penerapan metode amanah dalam penanaman nilai moral pada anak kelompok B di RA Ukhtani, dan 4) perkembangan nilai moral yang dimiliki anak kelompok B dengan penerapan metode amanah di RA Ukhtani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan metode amanah dalam penanaman nilai moral pada anak kelompok B di RA Ukhtani yaitu a) pengenalan gambar berkarakter di depan kelas. b) guru menjelaskan maksud gambar di dalam kelas. c) anak membawa pulang kartu. d) esoknya anak mengembalikan kartu. e) anak menceritakan kegiatan dari isi kartu. f) guru memberikan penilaian. g) guru memberi penghargaan. 2) nilai-nilai moral yang diterapkan pada anak kelompok B di RA Ukhtani melalui metode amanah yaitu sifat amanah, tanggung jawab, disiplin, jujur, dan santun. 3) faktor yang dapat mempengaruhi penerapan metode amanah dalam penanaman nilai moral pada anak kelompok B di RA Ukhtani yaitu perhatian orang tua dan lingkungan. 4) perkembangan nilai moral yang dimiliki anak kelompok B dengan penerapan metode amanah di RA Ukhtani adalah yang sebelumnya tidak memiliki perilaku mulia seperti hormat, mandiri, peduli, tertib, kerjasama, menjaga kebersihan, suka menolong, ramah, cinta damai, rendah hati, mandiri. dan tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik, sekarang memiliki perilaku mulia dan dapat menyelesaikan tugas dengan baik
Detail Information
Penulis |
SUCI AULIA SARI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162509645 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
372.21 Suc p
|