Skripsi
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL AREA DI TK PERTIWI LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Hasnawati, 152509040, 2019 Penerapan Pembelajaran Berbasis Model Area
(Deskriptif Kualitatif Penerapan Pembelajara Area Di TK Pertiwi
Lhokseumawe)
Pembelajaran model area adalah pembelajaran yang memberikan kebebasan
kepada anak usia dini untuk memilih kegiatan yang anak sukai dari beberapa kegiatan
yang sudah disediakan oleh guru, tidak ada unsur paksaan namun walaupun diberikan
kebebasan guru harus tetap memberikan motivasi kepada anak agar mengikuti semua
kegiatan di area yang sudah disediakan. Penelitian ini terdapat 4 rumusan masalah,
yaitu: (1) penerapan pembelajaran berbasis model area, (2) jenis-jenis area yang
sudah diterapkan pada pembelajaran area, (3) faktor-faktor yang harus diperhatikan
dalam penerapan pembelajaran berbasis model area, (4) aspek perkembangan anak
dengan menggunakan pembelajaran berbasis model area. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis model area, (2)
mendeskrifsikan jenis-jenis area yang diterapkan pada pembelajaran model area, (3)
mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menerapkan model
pembelajaran area, (4) mengetahui aspek perkembangan anak dengan menggunakan
pembelajaran berbasis model area. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan pembelajaran model area sangat baik untuk diterapkan dalam
menyampaikan pembelajaran pada anak usia dini, karena model area ini sangat
menyenangkan bagi anak. Jenis-jenis area yang sudah diterapkan ada 6 area, yaitu:
area agama, area matematika, area bahasa, area balok, area seni, dan area sains.
Kemudian faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menerapkan pembelajran
model area adalah faktor waktu, ruang kelas, sarana prasarana, alat bermain, skiil
guru, metode yang digunakan harus menarik. Selanjutnya aspek perkembangan anak
dengan model area sangat baik, karena setiap harinya guru selalu mengembangan
keenam aspek perkembangan anak dalam kegiatan model area yang akan dilakukan
dan dengan model area ini aspek perkembangan kognitif dan nilai moral dan agama
yang mudah berkembang
Detail Information
Penulis |
Hasnawati - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509040 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
372.21 Has p
|