Skripsi
PERILAKU SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SYAMTALIRA BAYU
XMLABSTRAK
Amalia Rahmatika, 2019. Perilaku Sosial Anak Attention Deficit and Hyperactivity
Disorder (ADHD) Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Syamtalira Bayu
Kabupaten Aceh Utara. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Lhokseumawe. Pembimbing: (1) Anisaturrahmi, M.A, (2) Noval Fuadi, M.Pd.
Secara umum anak ADHD sulit berinteraksi dengan teman-temannya, tetapi hasil
belajar mereka tidak jauh berbeda dengan teman-temannya yang normal. Rumusan
masalahnya adalah: (1). Bagaimanakah karakteristik anak Attention Deficit and
Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Syamtalira
Bayu Kabupaten Aceh Utara? (2). Bagaimanakah perilaku sosial anak Attention
Deficit and Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina
Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara? (3). Bagaimanakah stimulasi guru yang
diberikan kepada anak Attention Deficit and Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 5-
6 tahun di TK Negeri Pembina Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara?. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui: (1). Karakteristik anak Attention Deficit and
Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Syamtalira
Bayu Kabupaten Aceh Utara. (2). Perilaku sosial anak Attention Deficit and
Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Syamtalira
Bayu Kabupaten Aceh Utara. (3). Stimulasi guru yang diberikan kepada anak
Attention Deficit and Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 5-6 tahun di TK Negeri
Pembina Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data berdasarkan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: (1). Karakteristik anak ADHD di TK Negeri
Pembina Syamtalira Bayu tidak bisa duduk dengan tenang, cenderung mencari
perhatian gurunya dengan cara membuat guru kesal, anak sibuk bermain sendiri
tanpa memperdulikan sekitarnya, tetapi mereka sangat bertanggung jawab terhadap
barang sendiri. Mereka mampu mengumpulkan tugas dengan disiplin, sebagian dari
mereka juga mampu menghafal surat pendek dengan baik. (2). Perilaku sosial anak
ADHD di TK Negeri Pembina Syamtalira Bayu masih harus diajarkan tentang tata
krama, kesopanan, dan cara bergaul yang baik dengan temannya. Salah satu sifat
sosial yang ditunjukkan ialah mau berbagi dengan teman sekelasnya. (3). Stimulasi
yang diberikan guru kepada anak ADHD di TK Negeri Pembina Syamtalira Bayu,
ialah dengan memberikan perhatian yang lebih, mengajarkan mereka belajar dengan
metode yang khusus karena anak kesulitan mentaati perintah dan aturan, serta
seringkali kehilangan arti pentingnya menyelesaikan tugas sampai selesai, sehingga
anak ADHD tersebut harus diutamakan agar mereka merasa disamakan dengan
temannya yang lain
Detail Information
Penulis |
AMALIA RAHMATIKA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142508306 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
372.21 Ama p
|