Skripsi
PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK SRY ALVI GAMPONG KETAPANG
XMLABSTRAK
Nurhaliza. 2019. Meningkatkan Sikap Percaya Diri Anak Usia 5-6 tahun melalui
metode bermain peran usia di Tk Sry Alvi. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Lhokseumawe.
Sikap percaya diri anak belum berkembang secara optimal, anak kurang berani
berbicara dengan guru atau orang lain, anak tidak mampu menatap mata lawan
bicaranya, anak tidak berani tampil di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan sikap percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain
peran di Kelas B TK Sry Alvi Gampong Ketapang. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru yang dilaksanakan dalam 2
siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak Kelas B TK Sry Alvi Gampong
Ketapang yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif, peningkatan kemandirian anak usia dini dikatakan
berhasil apabila persentase kemandirian anak mencapai 76-100% dengan kriteria
Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian kemandirian Pratindakan
dengan nilai rata-rata persentase sebesar 0 %. Siklus I terdapat 13 anak yang
mulai berkembang (MB) dengan persentase 52%, 12 anak berkembang sesuai
harapan (BSH) dengan persentase 48% dan terjadi peningkatan pada siklus II
yaitu terdapat 22 anak sudah berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase
88%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode bermain
peran dapat meningkatkan sikap percaya diri anak
Detail Information
Penulis |
NURHALIZA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142508449 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
372.21 Nur p
|