Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYAH CUNDA
XMLABSTRAK
Andyta, 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui
Metode Bernyanyi pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyah Cunda.
Skripsi, JurusanPendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Pembimbing:
(1)Anisaturrahmi, M.A, Pembimbing (2) Mutia Sari, M.Pd.
Anak masih sering tertukar ketika menunjukkan huruf dan mencocokan huruf
dengan contoh yang diberikan guru, pada kegiatan mengenal huruf. Anak juga
belum mampu menulis huruf yang diucapkan guru, sehingga anak memerlukan
bantuan guru untuk mengerjakannya. Kemampuan mengenal huruf diutamakan
sekali dalam kegiatan membaca permulaan, karena dengan mengenal huruf maka
akan mempermudah anak dalam hal membaca. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan
kemampuan anak usia 4-5 tahun mengenal huruf abjad di TK Aisyah Cunda.
Teknik mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif
deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa melalui penerapan metode
bernyanyi huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak TK
Aisyah Cunda Kota Lhokseumawe. Kemampuan awal pra penelitian anak-anak
dalam mengenal huruf bahwa belum berkembang (BB), hal tersebut terlihat dari
masih banyak anak yang belum mengetahui simbol huruf dan belum mengetahui
makna huruf. Hasil penelitian pada Siklus I, dapat diketahui kemampuan
mengenal huruf meningkat secara bertahap. Peningkatan yang dicapai pada Siklus
I belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kemampuan anak
dalam mengenal huruf juga belum mencapai kriteri sangat baik. Kriterian
berkembang sangat baik (BSB) hanya mencapai persentase rata-rata dibawah
20%. Hasil persentase pencapaian yang diperolah pada Siklus I belum dapat
mencapai persentase rata-rata sebesar 80% dengan kriteria baik, sehingga
penelitian dilanjutkan pada Siklus II. Hasil penelitian pada Siklus II, dapat
diketahui kemampuan mengenal huruf meningkat secara bertahap. Peningkatan
yang dicapai pada Siklus II mampu mencapai indikator keberhasilan yang telah
ditetapkan. Hasil persentase pencapaian yang diperoleh pada Siklus II berhasil
mencapai kriteria baik dengan peningkatan mencapai 85% dengan kriteria
berkembang sangat baik (BSB).
Detail Information
Penulis |
ANDYTA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142508444 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
372.21 And m
|