PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BAKTIYA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BAKTIYA

XML

Konsep matematika dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari dan
menerapkan kembali konsep matematika yang telah dimiliki siswa pada
kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan itu, pemanfaatan konteks nyata
dipandang sangat relevan digunakan dalam membangun pengetahuan matematika
siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa akan mempengaruhi
kualitas belajar siswa, yang berdampak pula pada rendahnya prestasi belajar siswa
di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa pada SMP Negeri 1 Baktiya. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Populasi
yang diambil adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baktiya. Adapun
teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling (sampling acak) yaitu
dua kelas dari VII SMP berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu kelas VII-A
sebagai kelas eksperimen dan dipilih secara hasil sehingga terpilihnya kelas VII-B
sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti
dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Uji prasyarat dalam analisis
data adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis
kemampuan awal bahwa kemampuan kedua kelas sama, dan uji hipotesis
kemampuan akhir adalah tolak H0 dan terima Ha yang membuktikan bahwa
“Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman
konsep tematis siswa di SMP Negeri 1 Baktiya”.


Detail Information

Penulis
TIA RAHMAYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152208898
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
510 Tia p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail