PERSEPSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAIN LHOKSEUMAWE TERHADAP BANK ACEH SYARIAH

Record Detail

Skripsi

PERSEPSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAIN LHOKSEUMAWE TERHADAP BANK ACEH SYARIAH

XML

ABSTRAK
Persepsi seseorang terhadap sesuatu hal sangatlah berbeda antara satu dengan
yang lainnya, begitu juga dengan persepsi mahasiswa terhadap Bank Aceh
Syariah sebelum dan sesudah konversi baik dari segi kesyariahan, kualitas
pelayanan maupun biaya adminsitrasi. Adapun yang menjadi rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana persepsi Mahasiswa Ekonomi Syariah di
Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe terhadap kesyariahan pada Bank
Aceh Syariah antara sebelum dan sesudah konversi?, 2) Bagaimana persepsi
Mahasiswa Ekonomi Syariah di Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
terhadap kualitas pelayanan antara sebelum dan sesudah konversi Bank Aceh
Syariah?, 3) Bagaimana persepsi Mahasiswa Ekonomi Syariah di Institut Agama
Islam Negeri Lhokseumawe terhadap biaya administrasi antara sebelum dan
sesudah konversi Bank Aceh Syariah?. Adapun metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini dengan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian,
maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada aspek kesyariahan Bank Aceh Syariah
sebelum dan sesudah konversi diketahui bahwa dari kriteria Sangat Setuju (SS)
dan Setuju (S) yakni sebesar 84% maka kriterianya kuat atau tinggi. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah sebagian besar
menyetujui bahwa Bank Aceh Syariah melakukan. 2) Pada aspek kualitas
pelayanan sebesar 71% maka kriterianya kuat atau tinggi. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa mahasiswa sudah merasakan perubahan kualitas pelayanan
yang lebih baik sebelum dan sesudah konversi, baik dari segi fasilitas ruang
tunggu maupun dari produk yang ditawarkan, 3) Pada aspek biaya administrasi
yakni sebesar 65% maka kriterianya sedang atu cukup. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa mahasiswa sudah merasakan bahwa biaya administrasi yang
ada pada Bank Aceh Syariah sudah adanya koversi lebih menggunakan akad yang
diperbolehkan dalam Islam.
.Kata Kunci : Persepsi, Kualitas pelayanan, Aspeks Kesyariahan, Biaya
Adminsitrasi.


Detail Information

Penulis
AULIZA MULIANTI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 151208684
Edition
Language
Indonesia
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2x6.3Aul p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail