Skripsi
PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Kualitas pembelajaran sangatlah dipengaruhi oleh kualitas kinerja guru, oleh
karena itu usaha untuk meningkatkan kemampuan kinerja guru dalam proses
belajar mengajar dapat dibantu melalui supervisi kepala sekolah. Kinerja guru di
SMP Negeri 11 Lhokseumawe masih dikatakan belum cukup optimal, maka
melalui kegiatan supervisi kepala sekolah dalam memberikan bimbingan, motivasi
dan pelatihan-pelatihan. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah bagaimana
peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri
11 Lhokseumawe yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran supervisi kepala
ekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 11 Lhokseumawe.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi sebagai cara untuk memperoleh data primer dari
penelitian ini. Metode yang digunakan oleh peneliti salah satunya adalah
wawancara. Peneliti memilih melakukan wawancara dengan pihak internal
sekolah yang peneliti anggap cukup mewakili sekolah, dan juga peneliti ingin
mengatahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru.
Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan tehnik purposive yaitu
seseorang atau sesuatu diambil sebagai sampel atau informan karena peneliti
mengganggap bahwa seseorang atau sesuatu tersebut memiliki informasi yang
diperlukan bagi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran
kemimpinan kepala SMPN 11 Lhokseumawe sudah dilaksanakan dengan baik
walaupun belum maksimal yaitu kepala sekolah mengajarkan sikap disiplin jika
guru disiplin siswa akan disiplin dan kepala sekolah juga memberikan masukan
yang kreatif dalam proses belajar mengajar sehingga guru akan menjadi lebih
kreatif dan inovatif, peran kemimpinan kepala sekolah SMPN 11 Lhokseumawe
dalam meningkatkan kinerja guru melalui pelatihan terbimbing baik di dalam
sekolah maupun luar sekolah, dan Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di SMPN 11 Lhokseumawe dapat diberikan melalui
komunikasi yang baik. Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa Peran
kemimpinan kepala sekolah SMPN 11 Lhokseumawe Kecamatan Blang Mangat
Kota Lhokseumawe baik dalam meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci : Supervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Detail Information
Penulis |
KHAIRUL IKHWAN - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152709092 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2x7.31Ikh p
|