KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTSN 3 ACEH UTARA KOTA PANTON LABU

Record Detail

Skripsi

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTSN 3 ACEH UTARA KOTA PANTON LABU

XML

Motivasi kerja sangatlah penting untuk selalu ditingkatkan, karena tanpa motivasi
yang kuat akan sulit melakukan tugas yang semestinya dikerjakan, seperti halnya
dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di MTs N 3 Aceh Utara.
Adapun yang menjadi rumusan masalah serta tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimanakah bentuk kepemimpinan tranformasional kepala MTsN 3 Aceh
Utara?, 2) Bagaimana motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN
3 Aceh Utara?, 3) Bagaimanakah bentuk kepemimpinan tranformasional kepala
madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan
di MTsN 3 Aceh Utara?. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi lapangan (field study), dimana sumber dat diperoleh dari
hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi yang kemudian diolah
menggunakan teknik reduksi, display dan verifikasi data. Berdasarkan hasil
penelitian ditemukan bahwa: 1) Kepemimpinan tranformasional kepala MTsN 3
Aceh Utara dilakukan dengan menerapkan dimensi idesalized influence,
inspirational motivation, intellectual stimulation, individualized consideration.
Keempat dimensi tersebut dijalankan dengan merumuskan visi, misi, tujuan dna
program madrasah dengan cara musyawarah dan secara bersama-sama, kepala
madrasah mencontohkan sikap disiplin, kepala madrasah menerapkan sikap yang
harmonis dengan sapa, serta kepala madrasah mengembangkan guru dan tenaga
kependidikan dengan berbagai pelatihan, workshop, dan MGMP yang dibentuk
oleh K3M., 2) Motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 3 Aceh
Utara sebelum adanya kepala madrasah yang sekarang diketahui sangat jauh dari
sikap disiplin, dan penuh tanggung jawab terhadap tugas yang dimiliki
guru/tenaga kependidikan cenderung para guru sering libur dengan alasan yang
kurang jelas, serta kehidupan di madrasah dibentuk dalam kelompok-kelompok
kecil tanpa ada keharmonisan yang maksimal, 3) Kepemimpinan tranformasional
kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga
kependidikan di MTsN 3 Aceh Utara itu dilakukan dengan mendorong
katyawannya untuk lebih menyadarai arti penting hasil usaha, mendorong
karyawannya untuk mendahulukan kepentingan kelompok, meningkatkan
kebutuhan karyawannya yang lebih tinggi seperti harga diri dan aktualisasi diri.
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kepemimpinan Transformasional, Pendidik,
Tenaga Kependidikan


Detail Information

Penulis
ROSMAWARNI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM
Edition
Language
Indonesia
Publisher FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2x7331Ros k

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail