Skripsi
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU DI MTsS MUHIBBUL WATHAN DESA NIBONG KECAMATAN MEURAH MULIA
XMLEfektifitas mengajar guru sangatlah diperlukan dalam sebuah organisasi, karena
mutu pendidikan akan dipengaruhinya, oleh karena itu peran kepala sekolah
sebagai pemimpin sangatlah diharapkan untuk dapat mengefektifitaskan mengajar
guru sebagaimana yang dilakukan oleh Kepala MTsS Muhibbul Wathan. Adapun
yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kepala
madrasah menjalankan tugas kepemimpinan dalam meningkatkan efektivitas
mengajar guru? 2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi kepala madrasah
dalam meningkatkan efektivitas mengajar guru di MTsS Muhibbul Wathan Desa
Nibong Kecamatan Meurah Mulia?. Berdasarkan rumusan masalah, maka yang
menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kepala madrasah
menjalankan tugas kepemimpinan dalam meningkatkan efektivitas mengajar
guru.. 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi kepala madrasah
dalam meningkatkan efektivitas mengajar guru di MTsS Muhibbul Wathan Desa
Nibong Kecamatan Meurah Mulia. Adapun untuk metode Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dan sifat penelitian adalah deskriptif
analitis, sedangkan pendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan
field research (Penelitian Lapangan). Dari hasil penelitian maka ditemukan
bahwa: a. tugas-tugas yang dilakukan kepala madrasah1) kepala madrasah sebagai
pendidik itu dilakukan dengan mendisiplinkan guru, 2) kepala madrasah sebagai
manajer itu dilakukan dengan membentuk tim kerja, 3) kepala madrasah sebagai
administrator itu dilakukan dengan membentuk staf administrasi sesuai dengan
bagian masing-masing, 4) kepala madrasah sebagai supervisor itu dilakukan
dengan melakukan supervisi, 5) kepala madrasah sebagai pemimpin itu dilakukan
dengan bertukar pendapat dengan para guru ataupun staf pendidikan 6) kepala
madrasah sebagai inovator itu dilakukan dengan menyediakan fasilitas media
sosial, 7) kepala sekolah sebagai motivator itu dilakukan dengan selalu
membangkitkan semangat guru lewat penghargaan. b. Kendala-kendala yang
dihadapi: 1) adanya guru yang merasa tidak layak ditegur atas keterlambatannya,
mengingat kepala sekolah lebih muda dari guru yang ditegurnya, 2) Minimnya
honorarium guru, 3) kurangnya keinginan guru untuk menggunakan sarana
pembelajaran, 4) adanya guru yang merangkap jabatan di beberapa sekolah. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Efektivitas mengajar, Guru
Detail Information
Penulis |
HELMI YANTI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2x7.331Hel k
|