Jurnal
Studi Pelacakan (Tracer Study) Alumni Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Lhokseumawe di Kota Lhokseumawe
XMLABSTRAK
Tracer study dinilai mutlak dilakukan perguruan tinggi sebagai salah satu
cara mengevaluasi kurikulum pendidikan untuk memperbaiki kualitas
paralulusannya. Ketatnya persaingan antar lulusan perguruan tinggi, baik
dengan lulusan dalam maupun luar negeri, dirasakan ikut memicu
pentingnya tracer study untuk dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Pada
kondisi ini, perguruan tinggi dituntut untuk merumuskan celah
keunggulannya secara optimal dan menjadikan tracer study sebagai
perangkat evaluasi yang tepat untuk menjawab kebutuhan tersebut.
Penelitian ini merumuskan masalah bagaimana Studi pelacakan (tracer
study) alumni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Lhokseumawedi
Kota Lhokseumawe. Bertujuan untuk menemukan studi pelacakan (tracer
study) alumni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Lhokseumawe di
Kota Lhokseumawe. Penelitian dilakukan secara survey dengan instrument
studi pelacakan alumni dari boring 3A tahun 2009. Hasil penelitian
diperoleh integritas (etika dan moral) alumni Program Studi Pendidikan
Agama Islam menunjukkan tingkat yang paling tinggi sangat baik sebesar
87 %, tigkat penguasaan bidang keimuan (profesionalisme) menunjukan
tingkat baik 56 %, penguasaan bahasa Inggris kurang dengan persentase
75%, penguasaan teknologi informasi 65 % pada level kurang, kemampuan
berkomuniasi dengan orang lain (sangat baik) sebesar 87 %, kemampuan
kerja sama tim sangat baik pada level 84 kemampuan pengembangan diri
baik 57 %.
Keywords: Tracer Study, Pendidikan Agama Islam, Kota Lhokseumawe
Abstract
Tracer study is considered to be absolutely necessary for higher education
as a way to evaluate the education curriculum to improve the quality of its
graduation. The tight competition between college graduates, both with
graduates from within and outside the country, is felt to contribute to the importance of tracer studies to be carried out by universities. In this
condition, higher education institutions are required to formulate their
superiority gaps optimally and make the tracer study an appropriate
evaluation tool to answer those needs. This study formulated the problem of
how a tracer study of the alumni of IAIN Islamic Education Study Program
(PAI) in Lhokseumawedi Lhokseumawe City. Aiming to find a tracer study
of IAIN Lhokseumawe Islamic Education Study Program (PAI) alumni in
Lhokseumawe City. The study was conducted in a survey with an alumni
tracking study instrument from boring 3A in 2009. The results of the study
obtained integrity (ethics and morals) of alumni of the Islamic Education
Study Program showed the highest level was very good at 87%, the mastery
of the field of faith (professionalism) showed the level both 56%, poor
mastery of English with a percentage of 75%, mastery of information
technology 65% at a low level, ability to communicate with others (very
good) at 87%, excellent teamwork ability at level 84 good self-development
ability 57% .
Keywords: Tracer Study, Islamic education, Kota Lhokseumawe
Detail Information
Penulis |
Dr. Zulfikar Alibuto., MA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | ITQAN : FTIK IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |