Jurnal Nasional Terakreditasi
Contribution of Mahmud Yunus Islamic Education Learning Method inAl-Tarbiyah Wa-Alta’lim Book
XMLAbstrak: Kontribusi pemikiran Mahmud Yunus terhadap pengembangan metode
pembelajaran telah ia tuangkan dalam sebuah karya yang berjudul al-Tarbiyah wa alTa’lim, karya tersebut memberikan inspirasi kepada peneliti untuk melakukan studi
analisis kritis tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi metode
pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mahmud Yunus dalam kitab al-Tarbiyah wa
al-Ta’lim.Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
tokoh.Hasil temuan kontribusi metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Mahmud Yunus seperti metode pembelajaran al-Istiqraiyah, metode pembelajaran alTatbiqiyah, metode pembelajaran al-Khabariyah, dan metode pembelajaran alTahawuriyah. Mahmud Yunus mampu mengembangkan proses pembelajaran dalam
lima tahapan proses pembelajaran. Kelima tahapan tersebut meliputi al-Ta’aruf,
Muqaddimah, al-‘Arad, al-Tatbiq, dan al-Ikhtitam.
Kata Kunci: Metode, Pembelajaran, Mahmud Yunus
Abstract: Mahmud Yunus’ contribution to the development of learning methods has
poured in a bookentitled al-Tarbiyah wa al-Ta’lim. The bookprovides inspiration to
researchers to conduct critical analysis of analysis figures. This study aimed to see the
contribution of learning methods of Islamic Religious Education Mahmud Yunus in the
book al-Tarbiyah wa al-Ta’lim. This research used qualitative research with the character
study approach. The findings of contribution of learning method of Islamic Education
Mahmud Yunus such as al-Istiqraiyah learning method, al-Tatbiqiyah learning method,
al-Khabariyah learning method, and al-Tahawuriyah learning methodMahmud Yunus
was able to develop the learning process in the five stages of the learning process. These
five stages include al-Ta’aruf, Muqaddimah, al-‘Arad, al-Tatbiq, and al-Ikhtitam.
Keywords: Method, Learning, Mahmud Yunus
Detail Information
Penulis |
Dr. Zulfikar Alibuto., MA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK UIN SU MEDAN : Medan., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |