Penelitian
INOVASI KURIKULUM DAYAH DALAM MEMENUHI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI ACEH
XMLABSTRAK
Dayah sebagai lembaga pendidikan Islam klasik di bumi Aceh, memiliki sejarah unik
dalam mengembangkan pendidikan Islam di tanha air. Mayoritas masyarakat pernah
mengecap pendidikan dayah sejak masa pendidikan anak usia dini sampai usia lanjut,
karena pendidikan dayah tetap relevan dengan kebutuhan umat dan perkembangan
zaman. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyaralat melenial, kini
dayah melakukan inovasi kelembagaan yang dulunya semata-mata melaksanakan
pendidikan sistem dayah tradisional. Dayah kini mendirikan dan melaksanakan
pendidikan formal dengan berbagai jenjang dari pendidikan anak usia dini, menengah,
kejuruan (umum) sampai dengan perguruan tinggi (Ma’had ‘Aly). Penelitian ini
mencoba melihat inovasi kurikulum dayah di Aceh, pemenuhan dayah terhadap standar
nasional pendidikan dan kendala-kendala dayah dalam memenuhi standar nasional
pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan yuridis
akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-SM). Hasil
penelitian bahwa inovasi kurikulum dayah belum dilakukan kecuali inovasi sistem
kelembagaan yang ditambah dengan pendidikan formal dengan berbagai jenjang.
Pemenuhan standar nasional pendidikan dayah bahwa sebagian kecil dayah sudah
memenuhi ketentuan yang berlaku, sedangkan sebagai besarnya belum memenuhi
beberapa indikator dari delapan standar yang ditetapkan. Sedangkan kendala dayah
dalam memenuhi standar nasional pendidikan di antaranya kelemahan pada sumber
daya manusia, kelemahan bidang lembaga dalam mengelola dana pembiayaan dan
pelaporan kendala terakhir lemahnya bidang pengembangan, penyediaan, dan
manajemen administrasi dan dokumentasi sekolah
Detail Information
Penulis | |
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | IAIN Lhokseumawe : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |