Penelitian
BUDAYA ORGANISASI ISLAMI DAN INOVASI PERBANKAN SYARIAH: PERAN ORIENTASI PASAR DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN SEBAGAI MEDIATOR
XMLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model hubungan budaya organisasi dan inovasi organisasi, dan
peran orientasi pasar dan manajemen pengetahuan sebagai mediator hubungan dua variabel tersebut.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif-korelasional dengan pendekatan penyebaran
kuesioner pada 187 orang responden yang tersebar di tiga Bank Umum Syariah di Jakarta. Melalui
analisis PLS-SEM terdapat bukti secara statistik budaya organisasi Islami memiliki pengaruh
signifikan terhadap inovasi. Fakta lain menunjukkan bahwa selain budaya organisasi Islami,
manajemen pengetahuan juga menjadi penentu bagi peningkatan inovasi pada perbankan syariah di
Indonesia. Hubungan kedua variabel tersebut terhadap inovasi adalah positif. Lebih lanjut, penelitian
ini juga mendokumentasikan bahwa manajemen pengetahuan dapat menjadi variabel yang memediasi
hubungan antara budaya organisasi Islami dan inovasi. Dengan peningkatan budaya organisasi Islami,
meningkat pula manajemen pengetahuan, sehingga meningkatkan pengaruh budaya organisasi Islami
terhadap inovasi perbankan syariah.
Keywords: Budaya organisasi islami, orientasi pasar, manajemen pengetahuan, inovasi
Detail Information
Penulis |
Dr. Suryani, M.Si - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 197912222008012012 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |