Skripsi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID YANG TERKANDUNG DALAM RUKUN QAULI PADA SHALAT FARDHU
XMLSkripsi ini berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Yang Terkandung Dalam
Rukun Qauli Pada Shalat Fardhu”. Masalah yang dikaji dalam pembahasan ini
adalah nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam shalat fardhu yaitu
ada lima yang pertama yaitu takbiratulihram, yang kedua surat al-Fatihah, yang
ketiga shalawat atas Nabi, yang keempat Tahayyat akhirdan yang ke lima yaitu
salam. Yang menjadi pertanyaan penelitian adalah bagaimanakah nilai-nilai
pendidikan tauhid yang terkandung dalam rukun qauli pada shalat fardhu. Tujuan
penelitian adalah untuk menmgetahui nilai-nilai pendidikan tauhid yang
terkandung dalam rukun qauli pada shalat fardhu. Metode penelitian adalah
library research (penelitian pustaka). Teknik pengumpulan data adalah
melakukan pencarian buku-buku di beberapa perpustakaan serta memijamnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada takbiratul ihram mengandung nilai
pendidikan tauhid bahwa kedudukan Allah Swt. diantara semua makluk yang
ada dibumi adalah sangat lah mulia dan besar dari pada sesuatu yang lain. Nilai
pendidikan tauhid dalam surah Al-Fatihah pada ucaapan hamdalah didalamnya
terdapat penegasan bahwa Allah adalah Rabb. Yaitu penguasa, dan pemelihara
alam semesta, dan yang merajai pada hari pembalasan. Yang didalamnya
terkandung pengakuan bahwa Allah yang menguasai hari kiamat, sebagaimana
Allah adalah penguasajagad raya sebelum terjadinya kiamat. Nilai pendidikan
tauhid pada shalawat atas Nabi Muhammad Saw. Kelimpahan rahmat,
pengampunan, pujian, kemuliaan dan keberkahan hanya dari Allah Swt. Nilai
pendidikan tauhid pada tahiyyat itu hanya milik Allah dan mensucikanNya dari
segala bentuk. Dan nilai pendidikan tauhid pada salam yaitu segala rahmat hanya
milik Allah dan Allah lah yang berhak untuk siapa memberikannya.
Detail Information
Penulis |
MARYANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152108853 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Mar n
|