Skripsi
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJARSISWA DI MTsS RAUDHATUL JANNAH
XMLPenelitian ini berjudul “Implementasi Manajemen Kelas dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Swasta Raudhatul
Jannah”. Rumusan Masalah adalah “Bagaimana bentuk-bentuk
pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
MTs Swasta RaudhatulJannah?, Bagaimana pelaksanaan
pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
MTs Swasta Raudhatul Jannah? Dan Bagaimana pengawasan
pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
MTs Swasta Raudhatul Jannah? Teknik mengumpulkan data, penulis
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian bahwa bentuk-bentuk pengelolaan kelas dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Swasta Raudhatul
Jannah Peuntet adalah pengorganisasi siswa, pengelompokkan siswa,
penataan tempat duduk siswa, penugasan siswa, kedisiplinan,
bimbingan, pengaturan fasilitas, pengaturan alat-alat peraga,
penataan kebersihan kelas dan penempatan hiasan dinding.
Pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa di MTs Swasta Raudhatul Jannah peuntet telah dilakukan oleh
guru kelas serta dibantu oleh guru mata pelajaran dengan baik
sehingga selama proses belajar mengajar siswa termotivasi, hal ini
dilihat dari kondisi siswa selama diterapkan pengelolaan kelas yang
baik. Pelaksanaan pengelolaan dalam kelas telah terjadi berlangsung
dengan baik. Guru memberi instruksi, petunjuk dan bimbingan
sebagai pengarahan agar kegiatan yang dilaksanakan tidak
menyimpang dari pengelolaan kelas sebagai salah satu bentuk
manajemen kelas yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi
siswa. Pengawasan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa di MTs Swasta Raudhatul Jannah peuntet dilakukan
oleh pihak guru kelas, kepala madrasah dan wakil kepala madrasah.
Pengawasan terhadap pengelolaan kelas dilakukan secara
berkesinambugan setiap tiga bulan sekali. Berdasarkan hasil evaluasi
bahwa ada perubahan terhadap peningkatan minat siswa. Guru
mengawasi kondisi kelas serta menjaga ruangan yang telah ditata
yang mengarahkan siswa untuk menjaga bersama sementara kepala
madrasah dan wakilnya mengawasi guru dan ruang kelas.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Siswa
Detail Information
Penulis |
SAFRIDANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152709094 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2x7.331Saf i
|