INTEGRASI METODE KARYA WISATA DALAM PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DI SD NEGERI 18 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

INTEGRASI METODE KARYA WISATA DALAM PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DI SD NEGERI 18 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

XML

Setiap sekolah pastinya ingin memberikan yang terbaik kepada peserta didiknya.
Semua itu tentu tidak lepas dari integritas guru dalam menyampaikan ilmu di
dalam proses belajar mengajar. Dalam integrasi metode karya wisata dalam
pelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi siswa di SD Negeri 18 Banda Sakti
Lhokseumawe sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : (1) Bagaimana integrasi metode karya wisata dalam pelajaran PAI
untuk meningkatkan motivasi siswa di SD Negeri 18 Banda Sakti Lhokseumawe
(2) Apakah integrasi metode karya wisata dalam pelajaran PAI dapat
menimbulkan motivasi sehingga lebih menarik dan diminati siswa di SD Negeri
18 Banda Sakti Lhokseumawe (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam
integrasi metode karya wisata dalam pelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi
siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya
adalah penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, penulis
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk
analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan
langkah-langkah reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan yaitu berupa
data-data tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati sehingga dalam
hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara
keseluruhan tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang dilakukan di
SD Negeri 18 Banda Sakti menunjukkan bahwa guru di SD Negeri 18 Banda
Sakti mengajar integrasi metode karya wisata dalam pelajaran PAI untuk
meningkatkan motivasi siswa. Dengan metode karya wisata, siswa-siswi
termotivasi sehingga meraka tertarik dalam mengikuti pelajaran PAI. Faktor
penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu faktor internal
dan juga eksternal, sarana dan prasarana yang kurang memadai, pendidiknya yang
kurang memahami metode pembelajaran dan lingkungan yang kurang mendukung
siswa untuk belajar sehingga siswa tidak termotivasi dalam mengikuti
pembelajaran. Metode karya wisata ini sangat cocok di SDN 18 Banda Sakti
sehingga siswa-siswa tidak ada lagi yang tertidur dan mengganggu temannya di
saat proses belajar mengajar berlangsung. Siswa dan siswi pun lebih semangat dan
tidak jenuh di dalam kelas.


Detail Information

Penulis
IRFA NILAM JUWITA FURLI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152108881
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2x7.322Fur i

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail