Skripsi
PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE
XMLSkripsi ini berjudul “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam
Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Negeri 11 Lhokseumawe” Rumusan
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru bimbingan konseling
dalam meningkatkan disiplin siswa SMP Negeri 11 Lhokseumawe, bagaimana
fungsi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan disiplin siswa SMP Negeri
11 Lhokseumawe, dan apa faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan
konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Negeri 11 Lhokseumawe.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
penelitian menggunakan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan serta verifikasi. Pendekatan yang digunakan untuk
menjawab rumusan masalah penelitian ini adalah pendekatan Behavioral. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan upaya bimbingan konseling,
guru BK memilih untuk menggunakan pendekatan Behavioral, Alasan
penggunaan pendekatan ini adalah mencegah menyimpangnya perilaku yang
ditujukan bagi siswa yang melanggar kedisiplinan sekolah. Hambatan yang terjadi
dalam pelaksanaan bimbingan konseling terdiri dari beberapa faktor, yaitu faktor
kesadaran, faktor teman bergaul, dan faktor waktu.
Detail Information
Penulis |
FATMAWATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 153209143 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FUAD-BKI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.4 Fat p
|