Skripsi
TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM JUAL BELI EMAS (Studi Kasus Toko Emas di Pasar Los Kota Lhokseumawe)
XMLPerilaku konsumen merupakan sikap yang dimiliki oleh seseorang manusia ketika
menginginkan sesuatu, seperti halnya dengan perilaku konsumen dalam hal jual
beli perhiasan seperti emas yang ada di toko emas Se-Kota Lhokseumawe. Terkadang konsumen membeli emas karena ingin berinvestasi, mempercantik diri
di hari istimewa atau sekedar hanya ingin mengenakannya, maka di dalam
ekonomi islam terdapat hokum terhadar perilaku tersebut. Adapun yang menjadi
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana Perilaku Konsumen
dalam Jual beli emas di Toko Emas Pasar Los Kota Lhokseumawe?, 2)
Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap Perilaku Konsumen dalam Jual beli
emas di Toko Emas Pasar Los Kota Lhokseumawe?. Dengan demikian tujuan
penelitian yaitu:1) Untuk mengetahui Perilaku Konsumen dalam Jual beli emas di
Toko Emas Pasar Los Kota Lhokseumawe. 2) Untuk mengetahui tinjauan
ekonomi Islam terhadap Perilaku Konsumen dalam Jual beli emas di Toko Emas
Pasar Los Kota Lhokseumawe. Adapun metode yang penulis gunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian penelitian kualitatif deskriptif, dengan sumber data
primer diperoleh langsung dari diperoleh langsung dari wawancara dengan
pemilik toko dan para kosnumen pembeli emas, berupa wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data,
display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian, maka dapat
disimpulkan bahwa: 1) Perilaku Konsumen dalam Jual beli emas di Toko Emas
Pasar Los Kota Lhokseumawe itu dilakukan karena ingin berinvestasi, memenuhi
kebutuhan dan juga ingin digunakan disaat acara penting seperti lebaran atau
pernikahan yang berniat untuk memperlihatkan kemampuannya akan
kemakmuran yang dimilikinya. Sehingga prilaku konsumen yag terjadi di toko
emas Se-Kota Lhokseumawe yaitu sering gonta ganti perhiasan tanpa mengingat
akan harga emas ataupun kerugian dan keuntungan sehingga pembelian dilakukan
secara berlebihan. 2) Tinjauan ekonomi Islam terhadap Perilaku Konsumen
dalam Jual beli emas di Toko Emas Pasar Los Lhokseumawe tidak sesuai dengan
ekonomi Islam karena sifat berlebihan dan memamerkan sangat dilarang dalam
Islam karena tidak dapat memberikan maslahah kepada setiap orang namun
memberikan aspek kecemburuan sosial, namun jika perilaku untuk berinvestasi
dan memenuhi kebutuhan maka didalam ekonomi Islam itu dibolehkan..
Kata kunci : Emas, Ekonomi Syariah, Perilaku Konsumen, Jual Beli
Detail Information
Penulis |
NAFIRAH ANWAR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 151208624 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X6.3 Naf t
|