Penelitian
SELF - REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI PENYELESAIAN STUDI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR
XMLAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah pertama, menguraikan permasalahan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe; kedua, menguraikan penerapan program pemberdayaan Self-Regulated Learning kepada mahasiswa yang mengalami permasalahan prokrastinasi; dan ketiga, menguraikan pengaruh sebelum dan sesudah penerapan program pemberdayaan Self-Regulated Learning bagi mahasiswa yang mengalami permasalahan prokrastinasi pada penyelesaian skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan PAR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe disebabkan dua faktor yaitu: faktor internal dan faktor eksternal; penerapan program pemberdayaan Self-Regulated Learning dilakukan melalui proses-proses yang mampu melahirkan dan menggerakkan serta mendorong lahirnya perilaku, kognisi, dan afeksi mahasiswa yang mengalami prokrastinasi secara sistematis yang berorientasi ke arah pencapaian tujuan, proses-proses tersebut terdiri dari observasi diri, keputusan diri dan refleksi diri; dan pengaruh sebelum dan sesudah penerapan program pemberdayaan Self-Regulated Learning bagi mahasiswa menunjukkan keberhasilan, hal ini ditunjukkan bahwa subyek penelitian telah memiliki semangat dan motivasi untuk kembali menulis skripsi dan melakukan bimbingan; memiliki manajemen waktu dalam menyelesaikan bab-bab skripsi; tahu apa yang terpenting untuk dilakukan; memiliki kontrol diri; dan disiplin. Kata Kunci: Self-Regulated Learning; Prokrastinasi Penyelesaian Studi; Mahasiswa; IAIN; Lhokseumawe
Detail Information
Penulis |
Dr. Alimuddin, S.Ag, M.Ag - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 197503122006041002 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | Syariah : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
Syariah
|