Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 1 SAMUDERA
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
SMP N 1 Samudera kelas VII Pada Materi pecahan. Kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa sangat rendah, hal ini disebabkan siswa kurang berperan
aktif di dalam memahami serta mencari dan menemukan sendiri informasi atau data
yang akan disimpulkannya sehingga ketika menganalisis dan melaksanakan
penyelesaian jawaban siswa masih belum benar. Salah satu alternatif untuk membuat
pembelajaran menyenangkan dan kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi
lebih baik adalah Model Pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh berupa tes diuji
secara statistik. Tes tersebut bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Project Based
dikelas VII SMPN 1 Samudera. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMPN 1 Samudera, sedangkan menjadi sampel adalah kelas VII-A sebagai
kelas eksperimen, dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji
homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa
kedua sampel homegen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan
uji-t pihak kanan. Kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan Pembelajaran
Project Based dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional. Dari hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 5% atau α = 0,05
dengan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 – 2) = (25 + 26 – 2) = 49 dan harga
yaitu , maka tolak dan terima Ha , sehingga
hipotesis yang dirumuskan ini menyatakan “Ada Pengaruh Model Pembelajaran
Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
SMP N 1 Samudera Pada Materi pecahan”.
Detail Information
Penulis | |
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207609 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|