Skripsi
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE CERITA DI PAUD AISYIYAH RAUDHATUL ATHFAL KOTA LHOKSEUMAWE
XMLHasil belajar akhlak Pada Anak Usia Dini dari ranah kognitif, afektif dan
psikomotorik masih dibawah standar ketuntasan, guru dalam pelajaran PAI mendominasi
pada ranah kognitif sehingga siswa mengalami kecenderungan. Aspek efektif serta antusias
siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI kuang berminat, siswa lebih banyak bergurau, tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga tidak adanya stimulus
respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan masih perlu peningkatan, anak-anak masih
kurang berani dalam bersikap terpuji baik di dalam kelas maupun di luar kelas sehingga apa
yang dilakukan siswa tidak jelas dan mantap. Hal ini disebabkan oleh metode yang dipilih
dan digunakan oleh guru belum mampu untuk menarik minat anak dalam meningkatkan
akhlak. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan judul “Upaya
Guru Dalam Meningkatkan Akhlak Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Cerita diPaud
Aisyiyah Raudhatul Athfal Kota Lhokseumawe” karena menghadapi masalah tentang nilai
kognitif pada peserta didik di PAUD Aisyiyah Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan atau pengaruh terhadap metode cerita pada
peningkatan akhlak di PAUD Aisyiyah Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar dalam kemampuan bagi siswa. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan
dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, metode cerita efektif digunakan pada
peningkatan akhlak siswa di PAUD Aisyyiyah, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan
motivasi dan keaktifan peserta didik terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu,
mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya
dan mengemukakan pendapat, yaitu melalui hasil antara siklus I dan II, hasil test siklus I
siswa yang hanya 46,66 %, akan tetapi setelah siklus II, hasil test siswa mengalami
peningkatan siswa yang tuntas mencapai 93,33 %. Jadi secara keseluruhan peningkatan
kemampuan anak mengalami peningkatan secara bertahap dari kategori Belum Berkembang
dan akhirnya menjadi Berkembang Sesuai Harapan.
Detail Information
Penulis |
NURJANNAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108596 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|