PENGARUH METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI (CPDL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT SUNNAH RAWATIB FALAH DESA PULOE SIMPANG MULIENG
XMLKegiatan belajar mengajar mata pelajaran Fiqih di MTsS Al-Falah Desa Puloe
Simpang Mulieng mengalami beberapa permasalahan salah satunya rendahnya
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Penyebab rendahnya prestasi
belajar siswa, antara lain: siswa kurang antusias atau kurang semangat dalam
mengikuti kegiatan belajar mengajar, serta kurang serius dalam menyelesaikan
tugas yang diberikan oleh guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis
tertarik untuk melakukan sebuah penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode
Ceramah Plus Demonstrasi Dan Latihan (CPDL) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Sunnah Rawatib di MTsS Al-Falah Desa
Puloe Simpang Mulieng”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah
pengaruh metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (PCDL) terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi shalat sunnah rawatib Di MTsS Al
Falah Desa Puloe, Simpang Mulieng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh penggunaan metode ceramah plus demonstrasi dan latihan
(PCDL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi shalat
sunnah rawatib di MTsS Al Falah Desa Puloe, Simpang Mulieng.. Pada penelitian
ini digunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara
statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsS Al-Falah
Desa Puloe Simpang Mulieng, sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan
dengan random sampling class (acak kelas), sehingga yang menjadi sampel
adalah kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas
kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,56 <
1,98 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki tingkat kemampuan
kognitif yang sama. Hasil uji normalitas kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel
yaitu 0,1242 < 0,1730 dan untuk kelas kontrol diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1242
< 0,1730 maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal.
Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh >
yaitu 1,9891> 1,6788. maka tolak Ho dan terima Ha, sehingga dapat
disimpulkan bahwa “ada pengaruh metode Ceramah Plus Demonstrasi dan
Latihan (CPDL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi
shalat sunnah rawatib di MTsS Al-Falah Desa Puloe Simpang Mulieng”.
Detail Information
Penulis |
RAHMA YANTI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132107501 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|