UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 INDAHNYA PERSAHABATAN DI KELAS III SD NEGERI 9 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 INDAHNYA PERSAHABATAN DI KELAS III SD NEGERI 9 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6
Indahnya Kebersamaan pada kelas III di SD Negeri 9 Muara Dua. Modul
Indahnya Kebersamaan tersebut untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran
tentang sebuah persahabatan. Pendidikan merupakan masalah yang sangat penting
dalam kehidupan baik dalam kehidupan keluarga, maupun berbangsa dan
bernegara, karena itu pendidikan dijadikan suatu ukuran maju mundurnya suatu
bangsa Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas,
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan,
sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas
dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai
proses siklus. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya
peningkatan hasil belajar materi Indahnya Kebersamaan dengan menggunakan
metode Demonstrasi. Hasil belajar merupakan perubahan atau tingkah laku dan
kemampuan melalui proses belajar. Sebagaimana peneliti ketahui permasalahan
yang dialami siswa pada kelas III SDN 9 Muara Dua adalah rendahnya nilai yang
diperoleh oleh siswa setelah proses belajar pada materi indahnya persahabatan.
Setelah melalui proses penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
Demonstrasi maka hasil penelitian menunjukkan perbandingan bahwa, pada hasil
test uji siswa antara siklus I dan II mengalami perubahan yaitu, hasil test siklus I
siswa tuntas hanya 10 orang dari 25 siswa dengan persentase 40%, sedangkan
pada siklus ke II siswa tuntas mencapai 22 orang dari 25 siswa dengan persentase
88%. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan siswa
yang terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu,
mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan
bertanya dan mengemukakan pendapat. Jadi secara keseluruhan peningkatan
kemampuan motorik halus mengalami peningkatan 48% dan peningkatan tersebut
terjadi secara bertahap dari kategori tidak tuntas dan akhirnya menjadi tuntas.


Detail Information

Penulis
AFRIDA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609257
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail