PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 12 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 12 LHOKSEUMAWE

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis
siswa SMPN 12 Lhokseumawe. Harus diakui bahwa Rendahnya kemampuan
komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika adalah penggunaan
model pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu indikator kemampuan komunikasi
matematis yaitu kemampuan mengepresikan ide-ide matematika melalui lisan, tulisan
dan mendemonstrasikannya serta menggambarkannya dalam bentuk visual. Selama
ini, siswa tidak berani mengkomunikasikan ide-ide, mereka hanya mampu
mengerjakan soal-soal dengan mengikuti pembahasan dan contoh yang diberikan. Hal
itu terjadi karena, siswa tidak dilatih untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka
secara terbuka. Untuk itu salah satu usaha guru untuk mengatasi permasalah tersebut
adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yang dapat
mengaktifkan siswa untuk ikut serta dalam pembelajaran dan untuk melatih siswa
dalam menyampaikan pendapat. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan
penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan data yang diperoleh diuji
dengan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 12 Lhokseumawe. Sementara sampelnya adalah 2 kelas (kelas eksperimen dan
kelas kontrol) yang dipilih secara acak atau dikenal dengan random sampling class.
Jadi sampel yang dipilih dalam penelitian ini Kelas VII3 dipilih sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Masing masing soal terdiri dari 4
soal pre-test dan 4 soal post-test. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data
diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal. Untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh hipotesis harga untuk thitung = 2,91
dan tabel = 1,68. Setelah pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 (dk) = 48,
diperoleh data thitung > ttabel yaitu 2,91 > 1,68 maka ditolak Ho dan diterima Ha.
Sehingga dapat disimpulkan ‘‘ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
talking stick dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN
12 Lhokseumawe”


Detail Information

Penulis
RAMZAYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207567
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail